Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Jateng Jalani Peneriksaan Urine

Magelang- mediajateng.net

Badan Narkotika Nasional Kabupaten Temanggung melakukan pemeriksaan urine kepada para kepala UPT Pemasyarakatan dan Kakaran saat mengikuti pengarahan Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jateng bertempat di Lembaga Pemasyarakatab Magelang, sabtu (4/3) kemaren.

Dari keterangan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Bambang Sumardiono mengatakan , kegiatan ini merupakan agenda dari Kanwil Kemenkumham Jateng yang menggandeng BNN Provinsi Jateng dan BNNK Temanggung untuk memastikan bahwa Kepala UPT Pemasyarakatan di jajaran Kemenkumham Jateng tidak mengkonsumsi narkoba.

“Untuk memastikan bahwa petugas dan Lapas kami benar benar bebas Narkoba. Jangan sampai ada anggapan bahwa sipir san lapasnya merupakan tempat peredaran narkoba,” ujarnya

Lebih lanjut Bambang, mengatakan momen berkumpulnya para kepala unit pelaksana teknis pemasyarakatan se Jateng ini menjadi langkah yang tepat untuk melakukan pemeriksaan unrine secara mendadak.

” jika a positif tentu akan ditelusuri, karena positif belum tentu pemakai narkoba, habis minum obat tertentu juga bisa positif. Namun kalau benar pegawainya terbukti pemakai obat terlarang, sanksinya berat, yakni dipecat,” tegasnya

Bambang mmenyebutkan pada 2017 sudah ada tiga petugas lapas yang terlibat penyalahgunaan narkoba dan kini sedang menjalani persidangan.

“Petugas yang terlibat kini masih dalam proses persidangan. Mereka mendapatkan narkoba dari luar lapas,” pungkasnya (MJ-303)