Kelas Jurnalistik, Program Unggulan PKBM Mukti Utama Demak

DEMAK, mediajateng.net – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mukti Utama Demak menggelar kelas Jurnalistik, Minggu (18/9/2020).

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan PKBM yang terletak di Desa Karangsari Kecamatan Karangrtengah Demak.

Kelas Jurnalistik yang diampu oleh Taufik Budi wartawan MNC TV ini diikuti oleh warga belajar Paket B dan Paket C serta masyarakat umum.

Pada pertemuan kali ini, Taufik mengajak para peserta untuk mengenal tentang jurnalistik dan seputar penulisan berita.

Taufik juga mengajak warga belajar agar memanfaatkan smartphone dan media sosial untuk menyampaikan informasi yang mereka punya dengan sebaik mungkin.

Menurutnya, di era digital saat ini, banyak orang yang menghabiskan waktunya di depan layar smartphone. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19, setiap orang tentu lebih memilih diam di rumah dan berselancar di media sosial.

“Kita harus bijak menggunakan smartphone, manfaatkan sebaik – baiknya. Dengan smartphone kita bisa menulis berita, mengambil gambar dan foto,” kata Taufik Budi.

Taufik menambahkan, kerja jurnalistik dimulai dari mengumpulkan data dengan cara wawancara dan riset, kemudian menuliskannya, penyuntingan naskah (editing atau perbaikan naskah oleh redaksi) setelah itu diunggah atau ditayangakan.

Acara yang dikemas santai ini membuat para peserta merasa senang dan terjadi interaksi antara narasumber dengan peserta. Diskusi mengalir dan cair disertai canda tawa.

“Berita itu mengalir yang ada saat itu ya pak,” tanya Ahmadi salah satu peserta Paket C.

“Ya, berita itu harus menyajikan data yang akurat dan tepat,” jawab Taufik.

Ahmadi mengaku senang dengan adanya kelas jurnalistik ini karena menambah wawasan dan motivasi belajarnya. Terlebih baru kali ini mengenal tentang dunia jurnalistik.

“Ternyata buat berita itu tidak gampang ya,” kata Ahmadi.

Ari Widodo Ketua PKBM Mukti Utama mengatakan, melalui program Kelas Jurnalistik , PKBM Mukti Utama berharap dapat menggugah literasi warga belajar dan mereka juga mempunyai life skill di bidang jurnalistik.

“Kelas jurnalistik ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi karya jurnalistik warga belajar. Kegiatan ini nantinya akan terus berlanjut sampai para warga belajar dapat membuat suatu konten berita,” katanya.

“Kami mempunyai mimpi kecil untuk membuat website yang nantinya berisi tulisan, foto maupun video warga belajar PKBM Mukti Utama,” tutupnya. (Ar-MJ)