Kasus Penggandaan Uang Hadir di Semarang

Semarang,Mediajateng.net-Setelah diburu hingga tiga bulan, akhirnya petugas unit idik 1 Reserse Umum (Resum) Satreskrim Polrestabes Semarang akhirnya berhasil menangkap Mbah Kaswan (60) pelaku penggandaan uang warga Ds Glodokan, Langen Harjo, Bawen, Kabupaten Semarang. Mbah Kaswan ditangkap dalam sebuah penggrebekan yang dipimpin oleh Kanit Resum AKP Tri Agung di sebuah Klinik Syifa di kawasan Unnes saat menunggui istri keduanya yang sedang dirawat pada hari minggu (1/1) sekira pukul 23.30 WIB.

Penangkapan Mbah Kaswan ini berdasarkan laporan Kasmuin (60), warga Karangawen Demak pada bulan Oktober 2016. Saat itu korban telah menyerahkan uang Rp.300 juta, yang akan dijanjikan oleh pelaku bisa digandakan senesar Rp.5 Milyar.

Menurut Kapolrestabes Semarang Kombes Abioso Seno Aji mengungkapkan bahwa mbah Kaswan ini ternyata tidak bisa menggadakan uang sesuai dengan janji yang dikatakan, agar tidak ketahuan pelaku akhirnya memberikan sebuah kardus besar berisi uang Rp.59 juta.

“Kardus ini berisi uang receh Rp.2 Ribu agar kelihatan banyak dan untuk meyakinkan korban. Jadi oleh Mbah Kaswan uang Rp. 300 Juta itu ditukar dengan Rp.59 Juta. Sisanya dibagi bagi dengan komplotanya,” Ujar Abioso

Abioso menambahkan, Kepada korban Mbah Kaswan ini mengatakan bahwa syarat agar uang tersebut bisa digandakan harus dilakukan ritual, salah satunya pembelian minyak wisik dan sejumlah barang untuk ritual.(MJ-303)

Comments are closed.