Kasatlantas Polrestabes Semarang : “Ops Simpatik 2017 Tidak Boleh Dilakukan Secara Sembunyi”

Semarang – mediajateng.net

Pada pelaksanaan Operasi Simpatik Candi 2017 yang digelar mulai 1-21 Maret, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang akan melakukan secara terbuka. Tidak ada petugas yang menggelar operasi secara sembunyi-sembunyi atau yang sifatnya menjebak.

Dari keterangan Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Gatot Catur Efendi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan 17 Polsek jajaran agar menggelar operasi secara terbuka. Setiap polsek sudah diberikan tanggung jawab mengelola satu jalan dan satu sekolah.

“Operasi ini sifatnya terbuka, akan kita sampaikan dimana saja kegiatan operasi dan titiknya sudah ditentukan, jadi tidak ada yang menjebak,” terang Catur di Kantornya, Rabu (1/3).

Catur mempersilahkan untuk Polsek yang akan menggelar operasi di wilayahnya, boleh sifatnya stasiuner maupun sifatnya patroli, hal itu tergantung sifat jalannya. Dia juga menambahkan, jika pun ada anggota yang menggelar operasi ilegal, warga boleh melaporkannya.

“Bisa dilaporkan ke saya langsung, atau anggota lainnya. Karena setiap Polsek sudah diberikan tanggung jawab satu jalan dan satu sekolah,” tegasnya.

Operasi Simpatik ini dititik beratkan untuk pengendara yang melakukan pelanggaran yang membahayakan pengendara lainnya. Karena tujuan operasi ini untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Operasi ini tidak mengedepankan penilangan, tapi menekan angka kecelakaan. Oleh karena itu, kalau pun ada pelanggar ringan, seperti tidak bawa surat atau tidak pakai sabuk pengaman, ya kita tegur. Kita berusaha merubah maindset pengguna jalan,” imbuhnya

Namun, juka ada pengendara yang ugal-ugalan, tidak memakaihelm, berbonceng tiga/ lebih, berjalan zig zag dan melawan arus tetap akan dilakukan penindakan tegas.

Selain operasi di jalan, pihaknya juga melakukan penyuluhan di sekolah-sekolah, terminal serta pangkalan ojek dan komunitas lainya. Dalam penyampaian teekait operasi Simpatik Candi 2017 ini Kasat Lantas didampingi Wakasatlantas Kompol Sumiarta san Kaur Binops AKP Supriyanto (MJ-303)

Comments are closed.