Kapolres Cek Langsung 59 Pucuk Senpi yang Dipinjam Pakaikan Personil Polres Sragen

Sragen – Mediajateng.net

Antisipasi penyimpangan penggunaan senjata api (Senpi) yang dipinjam pakaikan oleh personil Polres Sragen, Kapolres Sragen Polda Jateng AKBP Arif Budiman, lakukan pengecekan terhadap sejumlah 59 senjata api dipinjam pakaikan personil, Selasa (17/10/2017).

Pemeriksaan dan pengecekan dilakukan langsung Kapolres didampingi Wakapolres Sragen, dipantau pula oleh Kepala Seksi Provos dan Paminal (Kasie Propam) Iptu Ali Ma’mun. Selama ini sejumlah 59 senjata api yang dipinjam pakaikan personil memang selalu diawasi dan dipantau kondisi serta keberadaannya oleh Sie Propam. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan senjata api yang di lakukan oleh pemegangnya.

Dalam arahannya kepada personil pemegang senjata api, Kapolres mengingatkan kembali prosedur penggunaan senjata api bagi anggota.

“Senjata api ini di pinjam pakaikan personil, digunakan apabila benar benar dalam keadaan mengancam keselamatan jiwa. Bahwasannya senjata itu bukan untuk gagah gagahan, senjata untuk mengamankan keselamatan diri, maka gunakan senjata api dinas ini secara bijaksana sesuai undang undang dan prosedur yang benar, “ tegas Arif Budiman.

Seperti di sampaikan pula dalam arahannya, bahwa penggunaan senjata api digunakan hanya dalam keadaan darurat, yang terpaksa sekali dalam keadaan benar benar mengancam keselamatan Jiwa, sebagaimana dimaksud dalam tata cara penggunaan senjata api pada Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 8 tahun 2009 dan Peraturan Kapolri No. 1 tahun 2009. (MJ-303)