Jogo Tonggo, Ngabuburit Sambil Bagi Masker

Demak, mediajateng.net– Berbagai cara dilakukan oleh sebagian umat Islam menunggu saatnya berbuka puasa alias ngabuburit. Seperti kegiatan unik yang dilakukan sekelompok remaja di Demak yang tergabung dalam Komunitas Jembatan Kuning Paingan 4/2 (JKP 4/2).

Anggota JKP 4/2 yang mayoritas warga Desa Karangsari RT 04 RT 02, Kecamatan Karangtengah, melakukan kegiatan ini demi mendukung program jogo tonggo di masa pandemi Covid 19.

Mereka membagi ratusan masker kepada warga di sekitar tempat tinggal untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Seperti diketahui, wabah corona melanda dunia termasuk Indonesia, virus mematikan yang belum ditemukan obatnya itu mengharuskan semua warganya tetap waspada dengan menjaga kebersihan dan kesehatan.

Ulfi Nur Alifah, sekretaris JKP 4/2 yang mewakili Andreanto Miftahun Najib sang ketua, mengatakan
aksi bagi masker merupakan bentuk nyata gerakan Jogo Tonggo yang dicanangkan oleh Gubernur Ganjar Pranowo. Atas dasar itulah, sebagai warga senantiasa saling menjaga kesehatan antar tetangga, salah satunya dengan mengenakan masker saat keluar rumah.

“Alhamdulillah warga menerima dengan senang hati,” ungkapnya.

Selain aksi bagi bagi masker, sebelumnya JKP 4/2 juga melakukan aksi penanaman pohon, pengecatan jembatan dan bersih bersih lingkungan. (mj/AB)