Jajaki Kelas Sore, Fakultas Psikologi USB Mou Dengan Psikologi USM

Semarang, Mediajateng.net, – Fakultas Psikologi Universitas Setiabudi Surakarta (USB) menggelar study banding dan penandatanganan MoU dengan Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) pada Kamis (05/3).

Menurut Dekan Fakultas Psikologi Universitas Semarang Dr. L Rini Sugiarti bahwa Universitas Setiabudi Surakarta (USB) menjadikan Fakultas Psikologi USM sebagai contoh untuk membuka kelas sore.

“USB itukan berada di sekitar Jawa Tengah, kemudian USB mempertimbangkan bahwa Fakultas Psikologi USM itu memiliki hal-hal yang terkait kelas sore yang bisa dijadikan wacana untuk USB membuka kelas sore,” ungkapnya.

Rini juga menambahkan bahwa MoU ini akan berlaku mulai ditandatangani sampai lima (5) tahun kedepan serta kedepannya akan diadakan kerjasama terkait penelitian, pengabdian, yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Terakhir Rini Sugiarti mengungkapkan bahwa saat ini Fakultas Psikologi USM menduduki peringkat ke tiga (3) setelah Manajemen dan Teknik Sipil dalam hal penerimaan mahasiswa baru.

Dalam kegiatan ini diadakan beberapa sesi yaitu penandatangan MoU dan paparan profil Fakultas Psikologi Universitas Semarang, dan pemaparan Kurikukulum Program Kelas Sore Fakultas Psikologi USM.

Menurut Kaprogdi S1 Psikologi USM, Anna Dian Savitri, dalam pemaparan kurikulum fakultas psikologi USM mengungkapkan bahwa saaat ini Fakultas psikologi USM menerima data bahwa dari 153 peminat mahasiswa kelas sore yang mendaftar di fakultas psikologi dan 141 Mahasiswa yang melakukan daftar ulang.

Anna Dian Savitri juga menambahkan bahwa mahasiswa Fakultas Psikologi sebelum melaksanakan pengisian KRS wajib melaksankan bimbingan kepada dosen Wali, jika tidak dilaksanakan maka dosen Wali tidak akan memvalidasi KRS mahasiswa tersebut.

“Hal ini bertujuan agar mahasiswa tersebut tidak sembarangan dalam mengambil mata kuliah. Ini sebagai bentuk pengawasan dan kedisiplinan yang dilaksanakan Fakultas Psikologi,” katanya.

Selain itu, Fakultas Psikologi USM juga melaksanakan pertemuan dengan wali atau orang tua dari mahasiswa agar terjalin sinergi yang baik antara dosen dan orang tua wali dalam mendidik mahasiswa. (ot/mj)