Fakultas teknik undip bersama karang taruna sosialisasi pencegahan covid

Lakukan Pengabdian, Fakultas Teknik Undip Bersama Karang Taruna Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Semarang, mediajateng.net, – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bekerjasama dengan Karang Taruna Kota Semarang melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Sabun Cair dan Edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Gerakan Mencuci Tangan di Panti Wreda, baru-baru ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk edukasi dan sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 kepada masyarakat Kota Semarang.

Menurut Ketua Karang Taruna Kota Semarang, I Gede Ananta Wijaya Putra, ST., MM, keterlibatan semua pihak dalam memerangi COVID 19 sangat diperlukan.

ia juga mengatakan Karang Taruna memiliki potensi sumber daya manusia yang mumpuni dan dapat menjadi agent of change dimasyarakat.

“Kami berharap pelatihan ini dapat menjadi bekal para anggota untuk nantinya berkontribusi lebih ke masyarakat, terutama dapat membuat sabun cuci tangan sendiri dan membagikannya ke seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Hal yang senada juga disampaikan perwakilan tim pengabdian Fakultas Teknik Dr. Luqman Buchori. Bersama dengan tim yang terdiri dari Dessy Ariyanti, PhD, Dr. Siswo Sumardiono, Dr. Aprilina Purbasari, dan Marissa Widiyanti menyiapkan kegiatan pelatihan ini.

Menurutnya, pelatihan ini untuk memberikan transfer ilmu pengetahuan pembuatan sabun cair ke anggota Karang Taruna. Harapannya nanti dapat memberikan manfaat secara sosial maupun ekonomi ke masyarakat yang lebih luas.

“Tentunya bermanfaat secara khusus bagi yang tinggal di beberapa Panti Wreda di Kota Semarang. Mereka yang tinggal di Panti Wreda rata-rata berusia lebih dari 50 tahun dan sangat rentan terinfeksi COVID 19,” katanya.

Dr. Luqman juga menambahkan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan bentuk implementasi upaya pencapaian Sustainable Development Goals untuk SDG 3 memastikan kehidupan yang sehat.

Selain itu juga untuk mendukung kesejahteraan bagi semua usia serta SDG 17 mendorong dan mendukung kemitraan publik, publik-swasta, dan masyarakat sipil yang efektif.

“Kerjasama dengan Karang Taruna ini kedepannya akan tetap dilaksanakan secara berkelanjutan terutama dalam kegiatan pengembangan SDM dan kemasyarakatan,” tambahnya.

Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi, kemudian dilanjutkan dengan praktek.

Para anggota Karang Taruna sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Sabun cair yang dihasilkan dari pelatihan ini kemudian disumbangkan ke Panti Wreda Harapan Ibu di daerah Ngaliyan, Kota Semarang.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Fakultas Teknik Undip dan Karang Taruna atas perhatian yang diberikan dan semoga bisa berkelanjutan nantinya,” ungkap Rokhani selaku pengelola Panti Wreda. (ot/mj)