Estafet Tunas Kelapa Sudah Diberangkatkan Ke Kota Semarang

Grobogan, Mediajateng.net – Panji Estafet Tunas Kelapa (ETK) sudah diberangkatkan ke Kota Semarang. Penyerahan Panji ETK ini dilakukan Ketua Kwarcab Kabupaten Grobogan Kak Agus Siswanto kepada Ketua Kwarcab Kota Semarang, Kak Adi Tri Harnanto, Jumat (31/8/2018) di tugu perbatasan Kota Semarang dengan Kabupaten Grobogan.

Sehari sebelumnya, pasukan Panji ETK ini dilepas keberangkatannya oleh Bupati Grobogan, Hj Sri Sumarni selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Grobogan, Kamis (30/8/2018). Pelepasan tersebut dilakukan di Kwartir Ranting Gubug menuju ke Kwartir Ranting Tanggungharjo dan Kwartir Ranting Tegowanu.

Dalam proses kegiatan ETK ini melibatkan kurang lebih lima ribu orang yang terdiri dari anggota pramuka Kwarcab Grobogan, Polri, Organisasi Masyarakat serta pemerintah. Para peserta melakukan rute perjalanan menuju perbatasan Grobogan dan Kota Semarang.

Yang menarik, rute kegiatan tersebut juga melalui Masjid Baitur Rahim Tanggungharjo yang menjadi salah satu peninggalan Presiden Soeharto. Saat ini Masjid tersebut berada di bawah naungan Yayasan Pancasila. Rombongan akhirnya tiba di depan Perumahan Plamongan Indah Kota Semarang untuk menyerahkan estafet tunas kelapa pada Kwarcab Kota Semarang.

Kak Agus Siswanto mengatakan, kegiatan Estafet Tunas Kelapa 2018 merupakan yang ke 34. Di kesempatan itu, Kak Agus berharap kegiatan tersebut tetap dijaga agar filosofi dan nilai-nilai yang terkandung dapat memperkuat semangat kebangsaan.

’’Jadikan dharma pramuka sebagai pedoman sehingga pramuka mampu menjadi generasi bangsa yang siap untuk mewujudkan hidup bersih dan anti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Di samping itu, teguhkan dan kokohkan semangat cinta tanah air, serta kembangkan gotongroyong,’’ ujarnya.

Agus juga mengajak generasi muda untuk memanfaatkan waktu dengan berkarya dan berinovasi. Dengan begitu diharapkan dapat tercapai prestasi dan cita-cita yang selama ini menjadi mimpi mereka. (Ag-Mj)

Comments are closed.