Dukung Program Pemkot, Lindu Aji Deklarasi Kader Lindu Peduli Sampah

Semarang, Mediajateng.net, – Persoalan sampah di Kota Semarang yang sampai saat ini belum tertangani secara maksimal, baik dari sisi pengelolaan hingga pemanfaatan, mendapat perhatian lebih dari banyak kalangan.

Salah satunya Ormas Lindu Aji Kota Semarang yang akan melakukan ‘Deklarasi Kader Lindu Peduli Sampah’ pada Minggu (1/3). Menurut Ketua DPC Lindu Aji Kota Semarang, Nugroho Hendro Arisanto, deklarasi kader kebersihan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara HUT ke-4 DPC Lindu Aji Kota Semarang.

Ia mengatakan seluruh rangkaian acara akan melibatkan seluruh anggota Lindu Aji Kota Semarang dan masyarakat sekitar. Pihaknya menyatakan siap bergerak bersama masyarakat, untuk membantu dan mendukung sejumlah program yang dimiliki Pemkot Semarang.

“Deklarasi kader kebersihan itu dari pengurus kecamatan, untuk melakukan kebersihan di wilayahnya masing-masing. Satu kader ditiap kecamatan,” ujarnya di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP), Kompleks Balai Kota Semarang, Jumat (28/2).

Nantinya, kata Aris sapaan akrabnya, tiap kader mengajak warga sekitar membersihkan sampah yang ada di saluran dan sejumlah sungai di Kota Semarang. Kegiatan ini untuk menyatakan bahwa Lindu Aji peduli terhadap penanganan kebersihan sampah.

Selain acara tersebut, Aris menambahkan, sejumlah acara akan digelar diantaranya Lindu Aji Toleransi dilanjut acara deklarasi Kader Bela Negara. Rencananya akan dipandu Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman serta beberapa rangkaian kegiatan lainnya.

”Kami juga menggandeng dan bersinergi dengan sejumlah pihak dalam pelaksanaan kegiatan. Antara lain bersama Baznas Kota Semarang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC Srikandi Kota Semarang, Martha mengatakan, sebagai kader wanita Lindu Aji, pihaknya akan menggelar tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), sebagai upaya pendeteksian dini terhadap faktor resiko kanker serviks. Ada juga peluncuran emansipasi kaum wanita Srikandi, yang rencananya dihadiri Wakil Wali Kota Semarang Heaverita Gunaryanti Rahayu, dan gelar budaya dari perempuan berkebaya Semarang yang menampilkan sejumlah tarian.

”Cek gratis IVA dan pengobatan gratis akan mendapatkan dukungan dari Dinkes Kota Semarang. Semua kegiatan Srikandi tersebut, memang menyasar kegiatan yang mencangkup permasalahan kewanitaan,” ungkap Ketua DPC Srikandi Kota Semarang, Martha. (ot/mj)