Di Baturraden : Puluhan Hewan Korban Disembelih Lebaran Hari Kedua

Banyumas, mediajateng.net – Berdasarkan pemantauan proses penyembelihan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1442 H di wilayah Kecamatan Baturraden Rabu, 21 Juli 2021 puluhan hewan kurban disembelih oleh panitia. Mereka mengikuti anjuran Pemerintah agar penyembelihan hewan kurban tidak semua dilakukan pada lebaran Idul Adha hari Pertama.

Camat Baturraden Budi Nugroho bersama Forkopimcam Lettu Arh Wagim Danramil 02/Baturraden dan Iptu Karseno, SH Kapolsek Baturraden melakukan pemantauan di beberapa titik. Kebetulan pada hari tersebut ada pemantauan oleh Tim Kabupaten Mayor Inf Nur Rohmat, S.Ag Kasdim 0701/Banyumas dan Didik Suryadi S.H M.H Kabid kewaspadaan Dini Bakesbagpol Kabupaten Banyumas.

“Kami melakukan pantauan di Masjid Jami’ Desa Kebumen, Masjid At Toyibbah Desa Rempoah, Masjid Besar Kemutug Kidul dan Tenjo Giri Desa Kemutug Lor,” kata Budi Camat Baturraden

Budi menambahkan jumlah hewan qurban yang disembelih di Masjid Jami’ Desa Kebumen Sapi 6 ekor dan Kambing 2 ekor. Masjid At Toyibbah Desa Rempoah Sapi 4 ekor dan kambing 2 ekor, Masjid Besar Kemutug Kidul Sapi 4 ekor dan kambing 14 ekor serta di Tenjo Giri Desa Kemutug Lor sapi 1 ekor dan kambing 5 ekor.

Kasdim 0701/Bms Mayor Inf Nur Rohmat, S.Ag yang mewakili Dandim 0701/Bms mengatakan kegiatan penyembelihan hewan qurban sudah cukup baik dan dilakukan secara tertata dan teratur, namun yang perlu ditekankan disini adalah hindari kerumunan, tetap jaga jarak dan menggunakan masker. Panitia penyembelihan hewan qurban bertugas sangat baik, protokol kesehatan sudah diterapkan, proses pemotongan juga sudah semi modern dan untuk pembagian dilaksanakan dengan door to door.

“Mohon bersabar, semangat menghadapi pandemi covid 19, semoga wabah ini cepat berlalu sehingga aktivitas warga bisa kembali normal. Silahkan lanjutkan proses penyembelihan hewan qurban, jadikan kegiatan ini sebagai ladang ibadah bagi kita sekalian,” katanya

Selain mengecek apakah sudah sesuai protokol kesehatan pemantauan juga untuk memastikan hewan qurban yang disembelih benar-benar hewan yang sehat. (MJ/50)