Dewan Berharap Pemkot Dengar Keluhan Pedagang Pasar Johar

Semarang, mediajateng.net, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang Abdul Wahab berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mendengarkan keluhan para pedagang Pasar Johar.

“Dengan mengucap Alhamdulillah pasar johar cagar budaya siap ditempati.melalui undian online dinas perdagangan telah merampungkan pengundiannya, walaupun masih banyak pedagang yang belum mendapatkan tempat kios maupun los sebagai hak nya,”kata Abdul Wahab dalam keterangannya, Rabu (29/9/2021) di Kota Semarang.

Menurut pria yang akrab disapa Wahab ini, sebagai bentuk keprihatinan dari para pedagang adalah ketidak adilan dalam pengundian online tersebut.

“Banyak pedagang yang mengeluh tentang lokasi yang lama sudah tidak bisa ditempati lagi dengan alasan bangunan lantai 2 johar utara yang seharusnya bisa menampung 100 pedangang tapi hanya di isi 50 persen saja dgn alasan kekuatan bangunan sudah berkurang,”papar dia.

Namun demikian, Wahab menyebut, yang aneh adalah dalam perencanaan dinas perdagangan kota semarang, sebagian akan digunakan untuk ruang pameran.

“Inilah yang menjadikan pedagang lantai 2 johar utara prihatin, belum lagi banyak pedagang yang belum mendapatkan kios ataupun los yang akan berimbas pada penempatan secara acak atas ketersediaan ruang yang sama sekali tidak proporsional dalam penempatannya,”jelas dia.

Persoalan lain, imbuh Wahab, terkait undian secara online yang sangat banyak kelemahannya telah menjadikan ketidak adilan semakin terlihat.

Sebagai bukti, kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, pedagang dari johar tengah dan selatan menempati Johar utara, bahkan pedagang kaki lima bisa menempati kios atau los di johar utara.

“Ketidak adilan juga terjadi terhadap pemilik kios yg lebih dari 2 tempat, mereka hanya mendapat 1 tempat dengan ukuran yang tidak proporsional,”tandasnya.

Yang lebih parah lagi, Wahab mengatakan rencana penempatan pedagang johar di SCD matahari johar di lantai 3 dan 4 yang keberadaannya sudah tidak baik.

“Serta belum dipersiapkan fasilitas penunjang, antara lain eskalator ataupun lift yang saat ini kondisinya rusak, dan masih banyak masalah yang lain dalam pengundian secara online,”ujar Wahab.

Atas berbagai persoalan tersebut, Wahab berharap pemerintah melalui dinas perdagangan yang segera diteruskan Wali Kota untuk segera di realisasikan agar pedagang yang saat ini sedang terhimpit ekonominya segera pulih.

“Dan juga kelemahan kelemahan dalam undian online pembagian kios dan los di pasar johar segera di perbaiki, pedagang yang belum dapat segera di realisasikan, dan melalui suara pedagang berharap agar dinas perdagangan mau mendengar keluhan ataupun usulan dari pedagang,”jelas Wahab.

Wahab mengatakan pedagang dan dinas perdagangan bisa bekerja sama dalam membangkitkan ekonomi masyarakat kota semarang. “Sehingga bisa sejahtera menuju semarang semakin hebat,”pungkasnya.(ot/mj)