Deputi Kemenko PMK Himbau Pembangunan Wisata Jangan Rusak Ekosistem

Deputi Kemenko PMK Himbau Pembangunan Wisata Jangan Rusak Ekosistem

KEBUMEN, mediajateng.net – Plh Bupati Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, SH menerima kunjungan kerja Deputi Kemenko PMK di Aula UPT BIKK LIPI Karangsambung Kebumen, Rabu (24/2/2021).
Dalam sambutannya, Plh Bupati Kebumen menyampaikan bahwa kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong telah mendapat sertifikat sebagai Geopark Nasional pada tanggal 30 November 2018. dengan memiliki 41 situs geologi, 8 situs biologi dan 10 situs budaya yang tersebar di 12 Kecamatan, 118 desa di Kabupaten Kebumen. “GNKK sedang diusulkan untuk menjadi Unesco Global Geopark. Nantinya akan ada penyesuaian Geosite yang diusulkan,” ungkap Plh Bupati.

Ujang berharap dukungan serta masukan dari semua pihak termasuk Kemenko PMK agar Geopark Nasional ini dapat kembali bangkit akibat pandemi covid-19 dan dapat berkembang, bahkan mampu mencapai target menjadi geopark global. “Muaranya agar masyarakat yang ada di wilayah geopark, maupun Kabupaten Kebumen dapat sejahtera, Kabupaten Kebumen semakin maju. Tentunya juga lingkungan tetap lestari dan terjaga,” imbuhnya.

Sementara itu Deputi Kemenko PMK Dody Usodo HGS, mengungkapkan dirinya bersama team sedang melakukan pemberdayaan masyarakat berkelanjutan, melalui program Dana Desa dan sebagainya. Program pembangunan dimulai dari daerah, apabila secara geografis sulit dijangkau maka tidak boleh diabaikan. Deputi Kemenko PMK menghimbau agar dalam masa pandemi ini masyarakat diajarkan melalui edukasi 3M, bukan melalui sanksi sosial mengingat masih tingginya angka Positif rate Covid-19 di Indonesia.
Dalam pembangunan wisata alam, deputi menghimbau agar mempertimbangkan berbagai aspek. “Mengelola alam jangan sampai merusak alam, artinya pembangunan wisata alam harus mempertimbangkan ekostistem alam tersebut, selain itu harus ada pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas SDM kemudian dilakukan analisis terukur,” ungkap Deputi Kemenko PMK Dody Usodo HGS.

Turut hadir pada kesempatan ini, Kepala UPT LIPI BIKK Karangsambung, Kepala OPD terkait, dan Forkopimcam Karangsambung. (MJ/50)