Damkar Banyumas Ikuti Upacara HUT Pemadam Kebakaran Tingkat Nasional

Damkar Banyumas Ikuti Upacara HUT Pemadam Kebakaran Tingkat Nasional

BANYUMAS, mediajateng.net – UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyumas menjadi salah satu dari 24 Unit Pemadam Kebakaran tingkat kabupaten/kota yang mengikuti secara virtual Upacara Peringatan HUT Pemadam kebakaran dan penyelamatan ke-102 tahun 2021 Tingkat Nasional yang dilaksanakan Senin (01/03/2021) bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri. Upacara tersebut juga disiarkan secara langsung melalui media Online Zoom, Google Meeting, Youtube, Instagram dan Facebook.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mewakili Bupati Banyumas Achmad Husein bersama Kasatpol PP Eko Heru Surono dan Ka UPT Pemadam Kebakaran Fadly Ahsani berserta anggota mengikuti upacara melalui virtual dari Purwokerto Smart Room Graha Satria. Perayaan HUT kali ini mengusung tema ‘Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani, Dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru’.

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Mandagri RI, Tito Karnavian. Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan perayaan HUT tahun ini berbeda dengan perayaan sebelumnya.

Pasalnya, upacara peringatan pada tahun sebelumnya dilaksanakan pada lapangan terbuka serta diikuti dengan kegiatan-kegiatan demonstrasi, ketangkasan dan sebagainya.

“Namun peringatan HUT kali ini bertepatan dengan wabah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia khususnya beberapa daerah yang ada. Oleh sebab itu, dilaksanakan secara virtual,” kata Tito.

Sejalan dengan tema peringatan, dia berharap tantangan terhadap kebakaran, dan hal-hal lain yang mengarah pada kegiatan penyelamatan tetap berjalan dengan baik.

“Kita harus bekerja untuk melaksanakan tugas pokok itu. Kita juga harus beradaptasi dengan menggunakan perlengkapan-perlengkapan tertentu. Sebab, ada pandemi ataupun tidak ada pandemi, kebakaran tetap terjadi. Masalah-masalah yang memerlukan penyelamatan terhadap masyarakat tetap terjadi,” tandasnya.

Usai upacara Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono mengucapkan ulang tahun dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran pemadam kebakaran yang sudah berkerja keras selama ini. Ia juga menyerahkan kenang-kenangan untuk salah satu anggota Pemadam Kebakaran yaitu Sabar Pambudi yang purna tugas hari ini. (MJ/50)