BPJAMSOSTEK Banjarnegara Gelar Grebeg Pasar Bareng Perisai Carang Seket

Mediajateng.net, Banjarnegara – BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan Banjarnegara gelar grebeg pasar bareng agen perisai Yayasan Carang Seket Nusantara.

Grebeg pasar dilakukan di pasar kota Banjarnegara, berikan sosialisasikan dan fasilitas kemudahan pendaftaran atau keikutsertaan program BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan.

Acara tersebut berlangsung pada Selasa 6 September 2022, menyasar sektor pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) yakni bagi pedagang, juru parkir, pekerja pasar serta pengunjung pasar Banjarnegara, oleh agen perisai Carang Seket.

Pedagang pasar Banjarnegara menerima sosiasliasai dan fasilitas kemudahan pendaftaran atau keikutsertaan program BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan, untuk sektor pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

Dijelaskan Arif Nur Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarnegara, agen perisai merupakan kepanjangan tangan dari BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan, dimana agen tersebut dapat memberikan layanan kemudahan pendaftaran bagi pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) untuk mendaftar sebagai peserta.

Saat mendampingi agen perisai, Arif Nur menjelaskan, program grebeg pasar ini dilakukan untuk memberikan layanan bagi pedagang pasar Banjarnegara, untuk mendapatkan informasi program dan kemudahan pendaftaran kepesertaan BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan melalui agen perisai.

“Kami berkoordinasi dengan UPTD Pasar 1 Disperindagkop, berikan layanan jemput bola, sosialisasi dan kemudahan pendaftaran keikutsertaan BPJamsostek kepada pedagang di pasar Banjarnegara,” ungkapnya.

Ia menambahkan, setelah pandemi kegiatan sosialisasi dengan tajuk grebeg pasar merupakan kali pertama, mengingat adanya pembatasan berkerumun kala itu, dan nantinya akan continue di lokasi loaksi lain.

Kegiatan sosiasliasi dan kemudahaan pendaftaran yang dilakukan agen perisai tersebut turut dibantu oleh UPTD Pasar 1 Disperindagkop Banjarnegara, terlibat langsung Kepala UPTD Pasar 1 sekaligus Kepala Pasar Banjaregara David S Meliala dan Riningsih selaku staff administrasi UPTD Pasar 1.

“Kami izinkan kegiatan sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan, program ini memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pedagang, terutama Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), jadi para pedagang memiliki jaminan dalam mereka bekerja,” jelas David.

Sementara pembina agen perisai Tolha Reza P, menuturkan manfaat dari adanya jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) ini dapat sebagai proteksi bagi pekerja (pedagang pasar Banjarnegara).

“Pagi ini kita dibantu agen perisai dari Yayasan Carang Seket yang jumlahnya 12 orang, yang menyebar ke penjuru pasar Banjarnegara,” jelasnya

Harapanya, masih dijelaskan Reza, dari adanya kegiatan grebeg pasar ini, masyarakat Banjarnegara dapat terproteksi dari adanya manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek.

Bagi masyarakat Banjarnegara yang hendak mendaftar kepesertaan BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakeejaan dapat melalui agen perisai yang sudah tersebar di masing-masing kecamatan di Banjarnegara.***(MJ/50)