Bonbin Semarang Tambah 3 Satwa Harimau Benggala

SEMARANG, Mediajateng.net, – Taman Margasatwa atau Bonbin Mangkang Semarang menambah koleksi satwa tiga anak Harimau Benggala (Panthera tigris yang baru dilahirkan induknya). Anak Harimau betina dari subspesies harimau di India itu masing-masing bernama Jelita, Cantik dan Anggun.

Dengan lahirnya tiga anak Harimau yang baru berumur 3 bulan, menambah jumlah koleksi jenis harimau Benggala di Bonbin Mangkang. Saat ini total terdapat 15 ekor Harimau Benggala.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, tiga anak harimau Benggala, sudah diberi nama oleh Bapak Wali Kota. Karena kebetulan anak harimaunya semuanya betina, jadi masing-masing diberinama Cantik, Anggun dan Jelita.

“Kan ada satu anak harimau yang warnanya berbeda dari yang lainnya, agak bule bule, jadi diberi nama Jelita. Diharapkan, satwa ini bisa memberikan warna di Semarang Zoo,”katanya, saat meninjau Bonbin Semarang.

Dijelaskan, Ita, sapaan akrab Hevearita bahwa saat ini, PT Taman Satwa sudah menjadi BUMD dan sedang dalam proses untuk menjalin kerjasama dengan pihak ketiga. Sehingga untuk menjadikan Semarang Zoo ini jadi salah satu ikon di Semarang.

“Saat ini Dirut PT Taman Satwa akan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dan menjadikan Semarang Zoo jadi tempat wisata yang berbeda dengan kebun binatang lainnya di Jawa Tengah atau di Jogjakarta. Karena di Jawa Tengah ini belum ada kebun binatang yang bagus untuk menjadi salah satu jujugan destinasi wisata di Jawa Tengah, “jelasnya.

Direktur PT Taman Satwa, Samsul menjelaskan, saat ini jumlah koleksi atau jenis satwa yang ada di Bonbin Mangkang atau Semarang Zoo, sekitar 100 jenis. Diharapkan, dengan kelahiran Harimau Benggala ini menambah jumlah koleksi satwa dan menjadi daya tarik pengunjung ke sini. Sedangkan untuk perawatan anak Harimau Benggala, secara rutin diberi susu, vitamin dan pembersihan kandang. Serta obat cacing tiap 3 bulan sekali.

“Dan saat ini anak harimau ini masih ikut induknya di dalam kandang dan dipisahkan dari Jantannya,”imbuhnya. (ot/mj)

Comments are closed.