Belanja Hasil Pertanian di Tani Niaga Grobogan Yuk

GROBOGAN, Mediajateng.net – Pemerintah Kabupaten Grobogan bakal menjadikan sektor pertanian ‎sebagai andalan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Dijadikannya sektor pertanian sebagai andalan PAD, Pemerintah Kabupaten Grobogan baru-baru ini menginisiasi penjualan hasil pertanian via online dengan meluncurkan website Tani Niaga. “Kita berharap dengan Website Tani Niaga, petani dapat memanfaatkan untuk memasarkan hasil produk pertanian yang dimiliki,” ungkap Bupati Grobogan Sri Sumarni, saat meluncurkan Web kreasi Dinas Pertanian.
Sri Sumarni berharap, dengan dibukanya lapak penjualan online, bisa menghindarkan petani dari tangan-tangan tengkulak. “Selain itu, pedagang bisa juga ‘mengintip’ harga di kecamatan lain. Dengan begitu, petani bisa memantau langsung penjualannya,” tambahnya.
Hasil pertanian yang menjadi andalan Kabupaten Grobogan, lanjut Sri Sumarni, yang bisa ditemukan di web Tani Niaga antara lain beras, kedelai dan semangka. “Dengan adanya Web yang bisa diunduh‎ lewat play store ini, petani bisa memanfaatkan untuk jualan. Sedang pembeli bisa menggunakan untuk memantau harga sehingga mendapatkan produk yang sesuai harapan,” tambahnya.
Peluncuran website Tani Niaga, diungkapkan Kepala dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Edy Suprayitno, dilakukan dengan harapan bisa dijadikan sarana bagi sektor agribisnis untuk menawarkan hasil pertanian sebelum masa panen. “Mungkin seminggu sebelum masa panen tanaman bisa difoto terus ditawarkan ke Web. Dengan begitu pembeli bisa melihat barang dagangan yang tersedia, dan petani memiliki kesempatan menawarkan barang lebih lama sehingga kemungkinan bisa memilih harga yang sesuai dan bisa lebih tinggi,” imbuhnya.
‎Website sektor pertanian, tambah dia, tidak saja terbuka bagi masyarakat Grobogan, namun pemerintah Grobogan juga menawarkan kepada wilayah lain jika ingin memanfaatkan sarana tersebut untuk menawarga barang hasil pertanian kepada calon pembeli. “Website juga menjadi terobosan sektor pertanian yang menjadi salahsatu andalan PAD Kabupaten Grobogan untuk memangkas keberadaan tengkulak yang dinilai merugikan petani,” tandas dia. (MJ-070)

Comments are closed.