Alumni Ikut Perangi Bullying Di Bekas Sekolahnya

SEMARANG, mediajateng.net – Kasus bullying yang terjadi di SMA 1 Semarang beberapa waktu lalu, menggugah para alumni sekolah tersebut untuk menghapus dan memutus mata rantai tradisi bullying.

Salah satu alumni yakni angkatan 1993 SMA 1 Semarang memprogramkan zero bullying. Hal ini menjadi perhatian khusus para alumni agar generasi selanjutnya para siswa tidak menjadi pelaku dan korban tindakan tidak terpuji tersebut.

”Kita juga sudah ikut dan memantau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA 1. Kegiatan seminar saat ini kami tujukan untuk para orang tuanya sebagai bentuk pencegahan,” kata panitia, Endy Astuti kegiatan seminar parenting bersinergi pencegahan dan penanganan bullying di Gedung Balaikota Semarang, Minggu (5/8).

Endy berharap dengan acara tersebut orang tua bisa mengarahkan anak-anaknya agar tidak menjadi pelaku ataupun korban bullying. Pihaknya juga ingin menghapuskan tradisi bullying di sekolah yang dilakukan kakak kelas kepada adik kelasnya.
”Kasus bullying selama ini seperti ada dinasti yang dilakukan senior kepada juniornya. Kami ingin memutus mata rantai tersebut,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya berperan mencegah bullying melalui cara preventif. Salah satunya dengan menerjunkan kader pendamping keluarga hingga tingkat kelurahan.

Kader tersebut bertugas untuk mengedukasi keluarga tentang pola asuh anak dan remaja dan mencegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Dia menerangkan kader pendamping keluarga terdiri dari tokoh masyarakat setempat.

”Kader pendamping keluarga juga ada pada beberapa tingkat RW. Kami tergetkan bisa terbentuk sampai tingkat RT sebagai cara mencegah secara preventif tindakan KDRT dan bullying.”

Sementara itu, Kepala Pusat Kependudukan Perempuan dan Perlindungan Anak UPGRIS, Arri Handayani mendorong para orang tua agar meluangkan waktu yang berkualitas untuk bersama anak. Orang tua juga harus mengajak anak berdiskusi untuk menceritakan berbagai permasalahannya. (ot/mj)