Ahli Geologi Dilibatkan Untuk Atasi Longsor Semarang

Semarang-mediajateng.net

Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta laporan dari para jajaran camat di tingkat bawah, untuk memetakan secara detil seluruh titik rawan bencana yang telah terjadi. Hal ini diungkapkan Ita, saat melakukan peninjauan sejumlah lokasi tanah longsor, seperti di wilayah Pudak Payung, Kradenan, Manyaran, dan Tegalsari, serta banjir di kawasan Dinar Indah, Meteseh, Tembalang.

“Penyebab utama terjadinya longsor adalah tidak adanya drainase yang baik, sehingga begitu hujan turun, air langsung mengalir ke mana – mana.Bukan kontor tanah yang labil.”katanya

Sebagai langkah preventif, pihaknya lebih lanjut akan segera mengumpulkan seluruh camat untuk secara praktis mengenali kontur bangunan topografi di masing – masing kawasan.Diikuti dengan langkah pembuatan sistem drainase di setiap kawasan bahaya longsor. Dalam hal ini , pemerintah kota semarang juga akan mengandeng tim berpengalaman dan ahli di bidang geologi untuk mencari solusi mengantisipasi terjadinya longsor kembali.

Pemerintah kota Semarang , dibantu tim SAR dan relawan , memastikan telah mengambil langkah membuat dapur umum maupun penanganan fisik di seluruh wilayah yang terkena longsor dan banjir.
(MJ-202)

Comments are closed.