300 Relawan Solo Raya Cari 9 Korban Tenggelam

BOYOLALI, mediajateng.net – Kabar duka tenggelamnya perahu wisata, di Waduk Kedungombo, Kemusu, Kabupaten Boyolali, Sabtu (15/05/2021) mengejutkan semua pihak.

Insiden yang terjadi pada Idul Fitri hari ketiga waktu warga berlibur usai melakukan silahturahmi dengan sanak keluarga, menjadi prioritas penanganan oleh Badan Sar Nasional (Basarnas).

Ratusan relawan dari Solo Raya dan Kabupaten Grobogan datang ke lokasi untuk membantu proses pencarian.

Arif Sugiyarto, Koordinator Basarnas Pos Solo menjelaskan, ratusan relawan dari BPBD, Basarnas, PMI dikerahkan untuk melakukan pencarian.

“Kita melakukan pencarian dengan cara melempar jangkar. Korban rata-rata ditemukan di kedalaman 20 meter,” ungkap Arif ditemui disela pencarian korban.

Relawan, melakukan pencarian menggunakan perahu karet. Puluhan perahu karet kita terjunkan melakukan penyisiran ke dalam kedung.

“Ada sekitar 300 relawan kita kerahkan. Malam ini kita melakukan pencarian semaksimal mungkin. Jika belum semua ketemu pencarian akan dilanjutkan esok pagi. Kita mendirikan tenda dan dapur umum untuk tim pencari dan keluarga. Kita juga melibatkan puluhan ambulan yang datang membantu,” tambahnya.

Proses pencarian, mengalami kesulitan lantaran lapisan bawah waduk berupa lumpur. Karenanya, untuk pencarian kita melempar jangkar.

“Korban yang ditemukan langsung dibawa ke RS Waras-Wiris Boyolali. Keluarga kita kabari jika telah berhasil melakukan identifikasi,” tambahnya.

Bupati Grobogan Sri Sumarni yang sebelumnya rapat dengan Kapolda Jateng langsung membubarkan diri dan melakukan pengecekan ke lokasi.

“Ada beberapa korban warga Grobogan. Jadi kita ikut mendukung proses pencarian. BPBD dan PMI Grobogan juga ikut melakukan pencarian,” ungkapnya saat memimpin pengawasan pintu air Kadung Ombo. (mj/60)