Yanuar Muncar Pimpin JWO Semarang

SEMARANG, Mediajateng.net, – Satu lagi komunitas otomotif dibentuk di Kota Semarang, Jawa Tengah. Jeep Wrengler Owners (JWO) Semarang, demikian mereka menyebutnya. Pengukuhan dan deklarasi dilaksanakan di Hotel Patra  Jasa, Jalan Sisingamangaraja No 31 Semarang, Kamis malam (19/12).

Suasana hangat dan meriah terlihat saat acara berlangsung. Terlebih, pihak JWO Semarang menghadirkan Andi Fadly Arifuddin atau yang akrab disapa Fadly, sang vokalis grup band Padi Rebron untuk menghibur peserta pada malam itu.

Berdasarkan hasil rapat, Yanuar Muncar terpilih menjadi Ketua JWO Semarang masa bakti 2019-2021. Sementara itu Sekretaris dijabat Christian Andre serta bendahara dipegang Djoeni. Dalam sambutannya, Yanuar Muncar mengatakan, hadirnya JWO Semarang tidak lepas dari visi dan yang sama di antara anggota dalam membangun kebersamaan dan persaudaraan.

“Tidak ada yang lebih utama dari hadirnya klub ini kecuali bersama-sama salam mengedepankan kekeluargaan dan kebersamaan,” katanya.

Menurutnya, organisasi ini sudah masuk pada  kepengurusan yang kedua. Sebelumnya sudah pernah ada embrio akan tetapi belum sampai berbentuk organisasi yang memiliki anggran dasar maupun anggaran rumah tangga (AD/ART).

“Kami melihat respon dari teman-teman otomotif bagus dan diterima. Akhirnya kami  memberanikan diri membentuk klub dan telah diakui baik secara de jure dan de facto,” terangnya.

Mantan anggota DPRD Kota Semarang ini menjelaskan, awal embrio organisasi sendiri sudah ada sejak enam tahun lalu yang awalnya hanya berasal dari tiga orang atau member. Kemudian, lambat laun anggota klub mulai berkembang menjadi puluhan member hingga sekarang.

“Saat ini jumlah anggota sekitar 50 member yang terdiri dari berbagai daerah di Jawa Tengah seperti, Kendal, Magelang, Tegal, Jepara, Sragen, Pati, Brebes, dan sejumlah daerah lain di Jawa Tengah,” katanya.

Meski fokus di dunia otomotif, JWO Semarang juga memiliki kegiatan lain yang bersifat sosial misalnya, berkunjung ke daerah menyalurkan bantuan kepada anak yatim piatu, masyarakat kurang mampu dan kegiatan sosial lainnya.

“Jadi apa yang dimiliki sebagian dikumpulkan bersama kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Tengah Kadarusman ikut mengapresasi acara tersebut. Dia mendorong kepada pegiat otomotif yang belum memiliki klub bergabung di JWO Semarang. Kadar sempat bercerita tentang sejarah berdirinya IMI Jateng.

Menurutnya, kantor pertama IMI Jateng berada di kawasan Jalan Pemuda Semarang. Saat ini, kata dia, IMI Jateng sudah berusia 114 tahun.

“IMI Jateng lahir pada 1906. Besok 27 Maret 2020 genap berusia 114 tahun,” katanya.

Dia berpesan agar hadirnya klub tersebut dapat mempererat tali persaudaraan di antara anggota. Selain itu, juga membantu pemerintah dalam tugas-tugas kemanusiaan.

Dalam deklarasi tersebut, JWO Semarang mengundang sejumlah komunitas atau pegiat otomotif lain seperti, CRV Club Indonesia, BMW Club Indonesia, Toyota Camry Community, komunitas Mercedes Benz, Tufox Fortuner, Semarang Fortuner Club (SFC), Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Tengah, IOF, Innova Community, dan sejumlah komunitas otomotif lainnya. (ot/mj)