Untuk Tingkatkan Mutu, Dosen USM Diminta Publikasi Jurnal

Semarang, Mediajateng.net, – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) menggelar seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat semester gasal tahun 2019-2020 pada Selasa (11/2) di Aula Gedung V USM.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian para dosen USM. Wakil Rektor II Prof Sri Budi Wahjuningsih dalam sambutanya menghimbau para dosen untuk  memperhatikan pembuatan jurnal nasional maupun internasional, karena penelitian itu bisa dimanfaatkan untuk kenaikan pangkat, persyaratan BKD, kinerja lembaga dan institusi USM.

“Bagi dosen yang melakukan penelitian harus dipenuhi persyaratannya, khususnya penulisan dan publikasi jurnal. Untuk itu dosen harus menyisihkan waktunya untuk menggerakkan tangan, memutar otak untuk berfikir, dan menulis, kemudian menuangkan ide dalam proposal sehingga bisa menghasilkan jurnal,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah 74 judul penelitian dengan dana 5 juta, kemudian 25 judul penelitian dana 15 juta diseminarkan. Sementara pengabdian masyarakat dengan 72 judul akan diseminarkan pada tanggal 11-13 Februari 2020. Untuk hari Kamis 13 Februari 2020, diselenggarakan seminar untuk hibah kompetitif internal dengan dana 15 juta.

Menurut Kepala LPPM Iswoyo, jurnal yang setelah direview, maka para peneliti dan  pengabdi harus sudah mengunggah laporannya maksimal 10 hari setelah seminar dilaksanakan dengan melampirkan hard copy secara fisik disampaikan kepada LPPM USM.

“Semoga kedepan dosen USM semakin banyak mengikuti kompetisi-kompetisi yang diikuti baik internel terutama dan untuk yang eksternal,” ujar Iswoyo.

Untuk memfasilitasi penelitian, kedepan LPPM USM akan menggelar pelatihan atau workshop untuk memacu dosen untuk bisa membuat jurnal dan mengusulkan ke Kementrian agar dapat didanai. (ot/mj)