Tinggal Dua Hari, Yuk Ikut SM Unnes

SEMARANG, Mediajateng.net – Sebanyak 16 ribu lulusan SMA/SMK/MA telah mengikuti Seleksi Mandiri (SM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) tercatat Jumat (15/7). Semuanya bersaing untuk merebut 1.859 kursi calon mahasiswa baru.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Rustono mengungkapkan Unnes menyediakan beberapa kelompok ujian, yakni sains dan teknologi (Saintek), sosial dan humaniora (Soshum) atau campuran (Saintek dan Soshum). “Peserta ujian berhak memilih dua program studi bagi yang mengikuti ujian Sains atau Soshum, namun bagi peserta ujian campuran berhak memilih tiga program studi,” kata Rustono, kemarin.
Biaya untuk mengikuti ujian Saintek atau Soshum, lanjut Rustono, dikenakan Rp250.000 dan Rp300.000 bagi peserta yang mengikuti seleksi ujian campuran. “Dan bagi peserta yang memilih prodi dengan ketrampilan tertentu, seni dan olahraga akan dikenakan biaya tambahan Rp150.00,” kata dia.
Seleksi Mandiri Unnes tersebut akan ditutup pada Minggu (17/7). Seleksi Mandiri merupajan seleksi penerimaan calon mahasiswa yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang. Kuota 1.859 tersebut merupakan 30 persen dari total mahasiswa yang bakal masuk di kampus yang terletak di Sekaran tersebut. “Sisanya telah melalui SNMPTN sebanyak 40 persen, maupun SBMPTN sebanyak 30 persen,” jelas Rustono.
Program ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang tidak diterima pada SBMPTN atau SNMPTN kemarin. Cara pendaftaran melalui jalur tersebut, dapat mengakses ke laman http://daftar.unnes.ac.id. (MJ-069)

Comments are closed.