SMKN 1 Sayung Gelar Workshop GSM

Demak,mediajateng.net – SMK Negeri 1 Sayung menggelar workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan  (GSM), Jumat (19/11/2021). Workshop kali ini diikuti oleh guru dan karyawan SMKN 1 Sayung.

Workshop menghadirkan Fasilitator GSM Wening Sukmanawati. Para peserta workshop GSM ini antusias menyimak pemaparan narasumber hingga acara tersebut berakhir.

“Kita sudah sosialisasi GSM di SMKN 1 Sayung. Mengenai bagaimana implementasi GSM pada pembelajaran,kita perlu ngangsu kawruh (belajar) dari sekolah yang sudah menerapkan GSM,” tutur Santoso Kepala SMKN 1 Sayung didampingi Sri Sumaryani Waka Humas SMKN 1 Sayung.

Santoso melanjutkan, GSM merupakan perubahan pola pikir pendidikan menuju paradigma revolusi industri 4.0. Perubahan ini meliputi perubahan pola pikir oleh kepala sekolah, guru, orang tua, dan pemangku kebijakan untuk membangun ekosistem pendidikan yang fokus pada pengembangan karakter siswa.

“Upaya itu dilakukan agar siswa dapat  menginternalisasi nilai-nilai kemanusiaan  sebagai bekal menghadapi dunianya setelah lulus di era revolusi industri 4.0,”ujarnya.

Bilamana siswa belajar dengan senang, kata Santoso,maka akan timbul antusiasme yang tinggi. Disitulah sesungguhnya makna dari belajar, karena ilmu pengetahuan yang disampaikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan akan lebih diterima siswa dengan rasa suka cita.

Pembelajaran normatif adaptif bersinergi dengan pembelajaran produktif. Dalam suatu produk dari kompetensi keahlian dapat menjadikan sumber pembelajaran dari semua mata pelajaran.

“Agar siswa senang dalam belajar, guru juga harus senang dalam mengajar,”tutup Santoso. (MJ/60)