SMAN 14 Semarang Tebar Ribuan Ikan Nila di Sungai

SEMARANG, Mediajateng.net – Para siswa dan guru SMA Negeri 14 Semarang menebar ribuan benih ikan nila di kolam dan sungai sekitar sekolah di Jl. Kokrosono, Panggung Lor, Semarang Utara, Jumat (4/11).
Aksi mencintai lingkungan tersebut dilakukan untuk memperingati hari ‘Cinta Puspa dan Satwa’. Gelaran peringatan hari cinta puspa dan satwa tersebut merupakan agenda rutin tahunan.
“Tahun lalu, kami memperingatinya dengan menggelar program SUSU atau yang dikenal Sak Uwong Sak Uwit. Semangat peduli dan cinta akan alam kami tuangkan dengan cara positif mengajak siswa-siswi menanam dan penghijauan sekolah serta berpartisipasi dalam kegiatan positif mencintai lingkungan,” kata Kepala SMA Negeri 14 Semarang, Lukita Yuniati usai acara.
Sebagai sekolah yang tengah berjuang menuju sekolah Adi Wiyata Mandiri, pihak sekolah selalu menekankan pentingnya melestarikan lingkungan dan keanekaragaman hayati.
“Kegiatan mencintai lingkungan tidak hanya dilakukan saat peringatan hari cinta puspa dan satwa saja. Setiap harinya, siswa selalu diajarkan mencintai lingkungan. Bahkan ada program yang telah berjalan bertahun-tahun, seperti gerakan sambil menyanyi, memungut, dan memilah sampah atau disingkat GEMMES yang dilaksanakan 10 menit sebelum pulang sekolah,” terangnya.
Lukita menjelaskan, sampah non organik didaur ulang oleh siswa menjadi aneka karya kerajinan berbagai bentuk yang dipamerkan dietalase sekolah, dipasarkan diluar sekolah, bahkan banyak pula yang sering diikutsertakan dalam pameran.
“Sedangkan sampah organik dibuat komposting untuk memupuk tanaman yang ada di sekolah,” imbuhnya. (MJ-036)

Comments are closed.