Simpan Esensi Nasionalisme, Pemkot Pekalongan Dukung Pengembangan Pramuka

Pekalongan, Mediajateng.net – untuk meningkatkan kemampuan guru dalam kepramukaan Pemerintah Kota Pekalongan berikan Kursus Mahir Dasar Pramuka kepada guru Pembina Pramuka SD, SMP, SMA,SMK, Selasa (15/11), di gedung Diklat jl. Merbabu Kota Pekalongan

Dalam keterangan yang diterima Mediajateng.net, acara tersebut di hadiri Wakil Walikota Pekalongan HM Saelany Mahfudz yang di tunjuk untuk membuka acara, hadir pula Kepala Dindikpora Kota Pekalongan dr august Marhaendayana.

Wakil Walikota Pekalongan HM Saelany Mahfudz menuturkan bahwa kegiatan Kepramukaan bertujuan untuk meningkatkan disiplin, persaudaraan, keterampilan, bakti kepada orang tua, guru, masyarakat.

“Saat ini gerakan pramuka sudah masuk dalam ekstrakurikuler wajib berdasatrkan Kepres dalam UU No 12 tahun 2012, sehingga diperlukan kursus mahir dasar Pramuka bagi pembina pramuka agar pembinaan terhadap generasi bangsa khususnya dalam bidang kepramukaan benar tertuang dengan sebaik-baiknya dan mampu mecetak kader yang berkualitas,” terangnya.

Dari kursus tersebut Wakil Walikota berharap Pembina Pramuka memliki pengetahuan dan kemampuan dalam membina kepramukaan yang ada di Kota Pekalongan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga mengatakan sektor pramuka di Kota Pekalongan di wadahi oleh (kwarting cabang) kwarcab, dasar kepramukaan utamanya adalah untuk pembinaan karakter bangsa dan nasionalisme.

“Sasaran kita ialah generasi muda agar dapat mengisi pembangunan,” cetusnya.

Dwi Priyono selaku Kepala Pusat pendidikan dan pelatihan Gerakan Pramuka menambahkan nantinya guru pembina Pramuka yang sudah ikut KMD diharapkan dapat mengikuti Kursus Mahir Dasar Lanjutan yang akan di laksanakan januari mendatang.

“Setelah KMD ini diharapkan guru pembina Pramuka dapat meningkatkan ke jenjang berikutnya yaitu Kurus Mahir Lanjutan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pembinaan Pramuka kepada peserta didiknya,” pungkasnya. (MJ-089)

Comments are closed.