Penyelundupan Sabu ke Lapas Kedungpane Berhasil Digagalkan

Semarang, Mediajateng.net – Penyelundupan narkotika jenis sabu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kedungpane berhasil digagalkan mantan petugas lapas setempat, Minggu (29/1) sekira pukul 09.00 WIB.

Informasi yang didapat dari otoritas lapas menyebutkan, kejadian bermula  dari kecurigaan salah satu mantan petugas lapas setempat, Haris Yulian Firdaus yang saat ini pindah di Lapas Demak.

Haris yang saat itu ikut olahraga, melihat orang tak dikenal mondar mandir di depan Lapas. Tepatnya di pintu selatan alias pintu keluar masuk barang dan sampah. Orang itu meninggalkan bungkusan rokok warna hijau.

Karena mencurigakan, dia melapor ke Kalapas Kedungpane, Taufiqurrachman yang selanjutnya memerintahkan Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) dan Kepala Bidang Administrasi Kamtib untuk menghubungi Kepolisian Sektor (Polsek) Ngaliyan.

“Setelah dicek, ternyata benar. Bungkusan rokok itu berisi sabu, berat sekitar 5 gram dengan bungkusan-bungkusan kecil,” ungkap Taufiqurrachman.

Petugas Polsek Ngaliyan yang datang ke lapas dipimpin Iptu Miftakul Janah, kemudian melakukan pemeriksaan termasuk serah terima barang bukti.

“Barang bukti sabu sudah kami serahkan ke pihak Polsek Ngaliyan untuk dikembangkan lebih lanjut,”imbuh Taufik.

Sementara Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Ngaliyan, AKP M. Bahrin, membenarkan pihaknya telah menerima barang bukti narkoba temuan di komplek lapas itu.

“Masih kami kembangkan lebih lanjut. Tahun 2016 juga ada kejadian (pelimpahan), pengendalinya (diduga) dari Nusakambangan,” ujarnya. (MJ-303)

Comments are closed.