Pecinta Love Bird, Anda Boleh Bangga Jika Sudah Gabung Grup Ini

SEMARANG, Mediajateng.net – Perkembangan pecinta love bird di Kota Semarang dan sekitarnya yang pesat, ternyata belum diimbangi dengan pengetahuan yang mumpuni terkait burung cantik tersebut. Hal tersebut mencoba diantisipasi oleh Komunitas Love Bird Kota Semarang.
Dengan mencari berbagai literatur dan memperluas pergaulan dalam lingkaran pecinta love bird, komunitas yang berdiri pada 29 Oktober tersebut mencoba menularkan beragam pengetahuan soal love bird. Mereka biasa berkumpul atau kopdar satu bulan sekali.
Berbincang dengan Mediajateng.net, kemarin, Ketua Komunitas Love Bird Semarang KLS, Eri Purwanto mengatakan, agar penularan pengetahuan berjalan intesif, selain melakuakn kopdar, KLS biasa menjalin komunikasi komunal lewat grup facebook. “Komunitas ini juga menyediakan sarana jual beli, barter, tukar tambah, lelang, bertukar pikiran dan berbagi ilmu serta sebagai ajang kumpul untuk para pecinta Lovebird khususnya di Kota Semarang untuk saling berbagai tips perawatan Love Bird, baik perawatan harian, untuk ternak maupun untuk lomba,” kata Eri Purwanto, sambil mengatakan bahwa anggota akun facebook love bird Semarang mencapai 13 ribu.
Karena perawatan yang lumayan susah, lanjut Eri, komunitas ini menjadi alternatif penting bagi pecinta love bird. “Masih banyak pecinta love bird yang belum tahu betul jenis-jenis love bird yang ada, apa itu kepala emas, Cobalt, paskun, Pasbir dan lainnya. Hal yang paling mendasar yang sering ditanyakan adalah membedakan jenis kelamin, karena membedakan jantan dan betina sangat sulit. Sebenarnya sudah ada ciri-ciri khusus, kalau fisik, postur betina kepalanya lebih besar, paruh lebar, untuk jantan bentuk sayap, menyilang, ekor jantan nguncup, dan lainnya,” katanya.
Sementar itu, Doni bendahara KLS mengaku ke depan KLS tidak hanya ajang kumpul-kumpul, namun akan lebih rutin memberikan bimbingan terkait burung love bird. “Nanti kita akan mengundang narasumber yang berkompeten bagaimana perawatan, kesehatan dan lainnya. Supaya anggota tidak hanya memelihara saja tetapi juga mengetahui secara benar cara perawatan dan juga kesahatan yang dibutuhakn Love bird,” katanya.
Salah satu anggota KLS yang juga Koodinator wilayah Semarang Sigit alias Blantik Manuk, mengaku, dari KLS dirinya mendapatkan banyak ilmu. Terutama tentang jenis-jenis Love bird. “Yang pasti melalui komunitas ini kami ingin maju bareng, pinter bareng dan sukses bareng,” katanya. (MJ-069)

Comments are closed.