Ngalap Berkah Para Wali, Ratusan Warga Ikut ‘Ziarah bersama Mas Wawan’ ke Makam Ki Ageng Pandanaran

Media Jateng, Semarang, – Bakal calon Wakil Wali Kota, Dr. Dr. H. Ir Ady Setiawan SH,. MH., MM., MT, atau Mas Wawan, mengajak warga Kota Semarang tetap guyup dan juga menjaga silaturahmi dengan para leluhur, salah satunya ziarah ke makam para pendiri Kota Semarang.

Seperti pada Ahad pagi, (2/6/2024), ratusan warga yang terdiri dari para santri, pengelola pondok pesantren, pengurus Banser, pengurus IPPNU, melakukan ziarah makam Ki Ageng Pandanaran (Sunan Bayat), Makam Mbah Dalhar Watucongol (Muntilan Magelang), Makam Simbah Kiai Chudlori (Tegalrejo Magelang), dan Makam KH Muhammad Nawawi (Temanggung).

Ziarah bersama Mas Wawan kali ini merupakan yang kedua kalinya digelar. Sebelumnya, kegiatan serupa digelar yakni ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jombang, Jawa Timur.

Mas Wawan selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, ziarah adalah bagian dari rutinitas para santri yang ingin mencari berkah atau ngalap berkah dengan mengunjungi makam para wali.

“Dengan melakukan ziarah, saya mendorong agar warga Semarang tetap guyup, tak lupa juga menjaga silaturahmi dengan mewarisi para pendiri kota semarang, seperti Ki Ageng Pandanaran, seorang santri yang juga memiliki leadership atau kepemimpinan,” ujarnya usai ziarah.

Pria yang akrab disapa Mas Wawan ini menambahkan juga, ziarah dalam rangka mencari berkah atau ngalap berkah adalah salah satu bentuk ikhtiar dirinya yang ingin mengabdi untuk Kota Semarang.

“Kami semua yang berziarah berharap dapat keberkahan. Seperti kita ketahui, ziarah kali ini adalah ke makam para pendiri Semarang. Semoga saya yang sedang ikhtiar maju di Pilwakot Semarang 2024, dapat berkah jiwa kepemimpinan seperti yang dimiliki Ki Ageng Pandanaran, ” bebernya.

Seperti diketahui, Ady Setiawan atau Mas Wawan adalah bakal calon Wakil Wali Kota yang telah mendaftar di DPC PKB Kota Semarang.

Dukungan maupun dorongan kepada Mas Wawan untuk terus maju dalam Pilkada Semarang 2024, terus bermunculan. Mulai dari dukungan para santri, pengelola pondok pesantren, para relawan hingga Dewan Syuro DPC PKB Kota Semarang.

Kiprahnya di masyarakat maupun pengalaman pekerjaan, jenjang pendidikan, hingga kiprahnya di bidang organisasi, tak perlu diragukan lagi. Saat ini, Mas Wawan masih menjabat menjadi Dirut PDAM di Indramayu, Jawa Barat.

Mas Wawan yang juga tokoh muda NU yang pernah nyantri ini, masih menunggu turunnya rekomendasi calon Wakil Wali Kota Semarang, yang sepenuhnya diserahkan keputusannya kepada DPP PKB. (ot/mj)