Muladi Tekankan Mahasiswa Punya Wawasan Kebangsaan

Semarang, Mediajateng.net, – Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Muladi berharap setiap mahasiswa memiliki wawasan kebangsaan yang kuat sebagai prasarat utama manusia Indonesia unggul.

Demikian disampaikan Muladi saat memberikan sambutan kuliah umum dihadapan 1.111 mahasiswa di Gelora Prof Sudarto USM pada Minggu (1/3).

“Sehebat apapun keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hanya mengandalkan hebatnya penguasaan IPTEK dan nilai-nilai profesionalisme akan menjadi mubazir apabila tidak dilandasi oleh penghayatan terhadap wawasan kebangsaan dan berkepribadian Indonesia” ungkapnya.

Muladi mengatakan 2045 Indonesia emas adalah visi pemerintah dalam memandang kesejahteraan bangsa Indonesia tepat di usianya yang ke-100 (1945-2045). Dalam usia emas tersebut Indonesia dicanangkan menjadi negara maju yang mandiri, dengan kehidupan yang makmur dan adil.

“Salah satu kuncinya adalah peningkatan kualitas pendidikan calon-calon pemimpin bangsa untuk menjadi “generasi emas” yang energik, multitalenta, aktif dan spiritual,” tambahnya.

Mantan Gubernur Lemhanas ini menjabarkan wawasan kebangsaan Indonesia yaitu cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya sebagai negara kepulauan, untuk menjaga persatuan  dan kesatuan nasional baik wilayah yang bersifat fisik maupun sosial dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan serta keamanan  nasional.

Sementara itu Rektor USM, Andy Kridasusila SE MM dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini USM telah merubah visinya dalam perubahan zaman demi kemajuan dalam hal pendidikan yaitu mencetak lulusan yang berkarakter berkeIndonesian.

“Kami sangat mengaharapkan lulusan USM itu memiliki karakter yang berkeIndonesiaan, jadi tidak hanya bisa beraktivitas dan bisa berkerja akan tetapi kita hidup di Indonesia maka harus dimunculkan lulusan yang berkeIndonesian” ungkap Andy.

Prof H Abdiullah Kelib, SH selaku Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip memberikan nasehat kepada para mahasiswa USM untuk menjadi orang yang disiplin.

“Kalian para mahasiswa USM harus rajin masuk kuliah, jangan suka bolos, dan harus disiplin, terkadang yang sering terjadi adalah mahasiswa tidak ada tapi  dipresensinya ada,maka ikuti lah perkuliahan dengan baik dan disiplin,” tandasnya.

Dalam kuliah umum ini juga dijelaskan tentang peraturan-peraturan yang akademik yang seluruh mahasiswa harus ditaati dan juga dibekali materi terkait peraturan yang berkaitan dengan perkuliahan. (ot/mj)