Laga PSIS Vs Persijap Tetap Digelar

SEMARANG, Mediajateng.net – Kepolisian Resor Kota Besar Semarang akhirnya mengeluarkan izin pertandingan laga sepakbola antara PSIS Semarang melawan Persijap Jepara pada Sabtu (16/7) besok.
Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanuddin saat ditemui di Mapolrestabes Semarang, Jum’at (15/7). Kombes Burhanudin mengungkapkan, setelah dilakukan komunikasi antara kepolisian dan panitia pelaksana (Panpel) polisi akhirnya memberikan izin untuk pertandingan itu. “Saya izinkan, kita sudah kordinasi dan komunikasi sama pihak panitia pelaksana, panitia akan ikut menjaga keamanan, mereka juga sudah buat surat pernyataan,” kata Burhanuddin kepada wartawan.
Izin digelarnya pertandingan tersebut, lanjut Kapolrestabes guna memeriahkan perhelatan sepakbola di tanah air khususnya di Jawa Tengah. Ia khawatir, jika pertandingan tak diizinkan malah muncul hal-hal negatif yang tidak bisa diantisipasi oleh pihak kepolisian.
Sebelumnya, Rencana pertandingan antara tuan rumah PSIS Semarang melawan Persijap Jepara yang akan digelar pada hari Sabtu (16/7) lusa dalam lanjutan turnamen ISCB (Indonesia Soccer Championship B) terancam batal dan akan ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Pembatalan ini lantaran tidak keluarnya ijin pertandingan dari pihak Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang. KabagOps Polrestabes Semarang, AKBP Wawan Kurniawan mengatakan, tidak keluarnya izin pertandingan ini dari hasil keputusan antara pihak Panpel (Panitia Penyelenggara) dengan Polrestabes Semarang. “Kemungkinan dibatalkan, karena izin keamanan belum keluar. Keputusan ini baru keluar pukul 13.00 WIB siang tadi, setelah hasil rapat di Polrestabes,” ujar Wawan Kurniawan saat dikonfirmasi wartawan di Mapolrestabes Semarang, Kamis (14/7).
Seperti diketahui, kedua tim dikenal memiliki supporter yang sama-sama militan. Rivalitas kedua pendukung sudah berlangsung sejak lama. Diawali dari insiden kerusuhan yang terjadi pada Maret tahun 2006 silam.
Saat itu, pertandingan yang berlangsung di stadion Kamal Djunaidi Jepara berlangsung ricuh. Kericuhan mengakibatkan banyak dari supporter mengalami luka, terlebih supporter dari tim tamu PSIS Semarang, Panser Biru dan Snex. Selang beberapa waktu kemudian Supporter PSIS membalasnya dengan merusak beberapa bus yang ditumpangi suporter Persijap ketika hendak mendukung ke Jakarta dan mengakibatkan suporter mengalami luka dengan buntut ditahannya beberapa Suporter PSIS di Polwiltabes Semarang
Mulanya, pertandingan antara PSIS Semarang dan Persijap Jepara akan berlangsung pada hari Sabtu (16/7) mendatang, di Stadion Jatidiri Semarang. (MJ-303)

Comments are closed.