Kurangi Genangan, Dinas PU Kota Semarang Genjot Bangun Crossing Saluran Air

Semarang, Mediajateng.net, – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang terus membangun crossing saluran air di sejumlah titik, salah satunya di Jalan Wonodri Baru Raya. Menurut Kepala UPT Wilayah II DPU Kota Semarang, Maileni, crossing saluran air dibuat sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya sumbatan dan genangan, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Pembangunan crossing ini juga dilakukan untuk merespons permintaan warga setempat. Karena selama ini kerap dilanda genangan dan banjir karena ukuran saluran yang terlalu kecil,” ujarnya saat ditemui dilokasi, Selasa (18/2).

Maileni mengatakan, pengerjaan crossing bisa selesai dibangun dalam kurun waktu 3-4 hari. Seperti yang di Jalan Wonodri Baru Raya, terlihat ada alat berat jenis eskavator dikerahkan di lokasi.

“Kami kerjakan secara swadaya jadi dalam jangka waktu yang tidak lama kami berhasil membuat banyak crossing dan pengerukan saluran. Crosing dibuat sepanjang 40 meter. Nantinya akan dipasangi box culvert ukuran 100×100,” ucapnya.

Ia menambahkan, selama proses pengerjaan dilapangan pihaknya belum menemukan kendala yang menghambat. Meski demikian, pihaknya optimistis pengerjaan bisa selesai tepat waktu.

“Sebelum dan selama pengerjaan, kami berkoordinasi dengan pihak kelurahan, kecamatan dan masyarakat setempat. Kalau ada utilitas dilokasi, kami melayangkan surat terhadap beberapa pihak. Kita minta utilitas di lokasi segera dipindahkan,” tandasnya. (ot/mj)