KPU Kota Semarang : Pencopotan APK Prabowo-Sandi Di Rumah Ibu Habibah Hoaxs

SEMARANG, Mediajateng.net, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang belum menerima laporan terkait aksi pencopotan Alat Peraga Kampanye (APK) di rumah Ibu Habibah yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Semarang.

Diketahui, beredar pesan berantai di media sosial yang menyebutkan Ibu Habibah yang merupakan istri dari dokter spesialis syaraf dr Amanullah, melakukan aksi mendukung pasangan Capres nomor urut 2 Prabowo-Sandi di depan RSUP Dr Kariadi Jalan Dr Soetomo, Kota Semarang.

“Sampai hari ini, kami tidak menerima laporan apapun terkait adanya penurunan dengan paksa terhadap APK pasangan calon tertentu. Secara regulasi Satpol PP tidak akan melakukan penurunan tanpa sepengetahuan dan tanpa pendampingan dari Bawaslu. Karena memang secara kewenangan secara regulasi adalah Bawaslu, berkoordinasi dengan KPU dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membantu proses tersebut,” kata Henri Cassandra Gultom, Ketua KPU Kota Semarang.

Henri Cassandra memastikan jika pesan berantai yang viral di media sosial tersebut tidak benar adanya alias hoaxs. Pasalnya, jika Satpol PP melakukan aksi pencopotan APK, maka akan berkoordinasi dengan pihaknya dan Bawaslu Kota Semarang. Apalagi, dirinya meyakinkan tidak mungkin jika dikatakan penertiban APK dilakukan Satpol PP secara sporadis.

“Saya kira itu sudah clear kok, dengan adanya pesan berantai di sosial media tersebut. Dari kami, kami berpesan, setiap adanya rencana penertiban APK, kami pasti berkoordinasi dengan instansi terkait. Jadi secara regulasi, kita berkoordinasi dengan Setda dan Setda akan berkoordinasi dengan Kecamatan. Sebaliknya dari Bawaslu akan berkoordinasi dengan Satpol PP juga, sehingga tidak mungkin dilakukan penertiban sporadis,” tandasnya.

Henri Cassandra berharap, kondisi Kota Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah yang kondusif ini, tidak dikotori atau diganggu dengan informasi yang menyesatkan melalui sosial media. Pihaknya meyakinkan jika sampai saat ini Kota Semarang dalam kondisi aman dan kondusif.(ot/mj)