Hari Pertama Uji Coba Jalan Searah, Masih Ada Yang Melanggar

Grobogan, Mediajateng.net- Sejak pukul 06.30 WIB, petugas gabungan dari Satlantas Polres Grobogan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan sudah berada di sepanjang jalur R. Soeprapto bagian utara hingga perempatan Diskominfo (eks PUK). Terlihat para petugas mengatur para pengendara yang belum paham mengenai pemberitahuan jalur searah mulai diberlakukan di ruas jalan itu, Rabu (3/10/2018).

“Saya hanya mau ke situ, Pak. Dekat kok,” ujar seorang ibu yang hendak ke Pasar Glendoh dari arah Jalan Wijaya Kusuma.

Para petugas memberikan himbauan agar ibu tersebut memutar arah dengan melewati perkampungan. Meski diakui menambah waktu tempuh, namun akhirnya ibu tersebut bersedia untuk berputar melewati perkampungan.

Terlihat Kasatlantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa SIK, memantau uji coba pemberlakuan jalur satu arah jalan yang dikenal sebagai denyut nadi Kota Purwodadi ini. Menurut Kasatlantas melalui Kanit Turjawali Ipda Joko Susilo mengatakan, sejak pukul 06.30 WIB pihaknya sudah memberlakukan sistem satu arah. Namun, masih ada beberapa yang melakukan pelanggaran.

“Tadi masih ada beberapa pengguna jalan yang melanggar. Kita hentikan dan kita beritahu bawa mulai hari ini jalan ini satu arah. Tidak hanya kendaraan bermotor saja. Sepeda onthel dan becak pun kita hentikan dan kita minta untuk balik arah, karena peraturan tersebut kita peruntukkan bagi semua pemakai jalan,” kata Ipda Joko Susilo.

Dikatakan Ipda Joko, pemberlakuan sistem satu arah ini bersamaan dengan adanya revitalisasi trotoar yang memakan badan jalan. Percobaan sistem ini akan berlangsung selama satu bulan. “Setelah itu akan kita evaluasi dan kita lihat perkembangan pembangunan trotoar juga. Apabila memang efektif maka akan diteruskan,” ungkap dia.

Ipda Joko Susilo juga menambahkan, Satlantas Polres Grobogan sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media sosial, media elektronik dan media massa serta himbauan langsung kepada masyarakat. Sejauh ini, kata dia, masyarakat secara umum sudah mengetahuinya jika mulai Rabu (3/10/2018) ini jalur R. Suprapto diberlakukan sistem satu arah mulai dari selatan (arah Simpang Lima) sampai perempatan Diskominfo (eks PUK).

“Kita berharap masyarakat bisa mentaati peraturan ini. Karena kita sadar bahwa Grobogan semakin lama semakin berkembang, baik jumlah penduduk, jumlah kendaraan, sehingga pertumbuhan ekonomi juga meningkat. Oleh karena itu kita akan sering melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan untuk Grobogan yang lebih baik lagi,” tambah Ipda Joko.

Pengalihan Jalur Menuju Selatan Masih Cukup Dengan Dua Jalur

Pemberlakuan jalur satu arah Jalan R. Soeprapto ini mengakibatkan pengendara yang akan menuju ke arah selatan (Simpang Lima) harus berputar melewati perkampungan baik ke Jalan Siswamiharja maupun jalan Soponyono III. Ipda Joko mengatakan, dua jalur tersebut masih dirasa cukup untuk pengalihan jalur bagi pengendara dari perempatan PUK menuju ke arah selatan. (Ag-Mj)

Comments are closed.