Gotong Royong Halau Hoax dari Grobogan

Grobogan, Mediajateng.net – Pesta demokrasi untuk Pilpres 2019 semakin dekat. Karena itu, masyarakat di Kabupaten Grobogan dihimbau untuk mengabaikan berita hoax. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kapolres Grobogan, AKBP Choiron El Atiq dalam Deklarasi Pemilu Damai 2019, Minggu (23/9/2018).

Dalam kegiatan yang berlokasi di area CFD Kota Purwodadi, Kapolres mengatakan berita-berita palsu yang jelas asal-usulnya tersebut akan menjadi sumber perpecahan bangsa.

‘’Banyak negara-negara yang terpecah belah dan kemudian mengalami perang saudara itu dimulai dari beredarnya berita-berita bohong. Apalagi, saat ini sudah mendekati Pemilu 2019, kami harap warga Grobogan tak mudah dipecahbelah oleh berita bohong itu,’’ imbau Kapolres.

Untuk mengantisipasinya, pihak Polres Grobogan sudah menyiapkan tim pemantau media sosial. Tim tersebut akan berpatroli mengawasi jaringan media sosial selama 24 jam. Akun-akun yang berpotensi membuat situasi tak kondusif sudah didata dan akan diawasi.

‘’Kami berkaca pada Pilpres dan Pileg 2014 lalu. Banyak potensi perang “nyinyir-nyinyiran” yang berpotensi membuat gaduh kondusifitas masyarakat. Kami akan pantau akun-akun yang berpotensi membuat gaduh tersebut,” papar Kapolres.

Sementara itu, Kabag OPS Polres Grobogan Kompol Sigit Ari Wibowo mengemukakan, pihaknya akan menurunkan dua per tiga kekuatan. Menurutnya, dalam kegiatan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019, seluruh wilayah akan melakukan pengamanan secara mandiri.

‘’Kecuali kalau ada insiden, Polda dan Polres tetangga akan membantu pengamanan. Tentunya kami tak ingin muncul insiden yang menonjol di Grobogan. Kami harap semua partai pendukung menjalin komunikasi yang baik untuk menciptakan suasana aman dan kondusif,” kata Kompol Sigit Ari Wibowo.

Dalam deklarasi tersebut, hadir Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang juga memimpin jalannya Deklarasi Pemilu Damai ini. Sri Sumarni beserta semua perwakilan partai politik, tokoh agama, tokoh masyarakat, KPU dan Panwaslu serta pihak terkait lainnya menandatangani deklarasi sebagai simbol kesepakatan bersama.Usai penandatanganan kesepakatan bersama menyelenggarakan pemilu damai, para peserta deklarasi mengikuti senam bersama dan bernyanyi bersama.

‘’Kami harap masyarakat Grobogan tidak mudah diceraiberai dengan berita hoax. Jangan mau dipecahbelah dengan berita hoax. Semoga Pemilu 2019 di Grobogan tetap aman, damai, dan kondusif,” harap orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini. (Ag-Mj)

Comments are closed.