Edy Sayudi, Didaulat Sebagai Ketua Umum Koperasi “Persaudaraan Saudagar Muslim Demak”

JAKARTA, mediajateng.net – Para tokoh dan pengusaha Demak se-Jabodetabek dan wilayah lainnya yang tergabung dalam Paguyuban Demak Bintoro Nusantara (PBDN) membentuk koperasi “Persaudaraan Saudagar Muslim Demak”.

Hal tersebut dilakukan sebagai wadah untuk berkoordinasi antar tokoh maupun para pengusaha berbagai bidang dengan harapan lembaga/koperasi tersebut dapat di manfaatkan oleh seluruh warga Demak yang ada di Jabodetabek dan seluruh Nusantara.

Dalam pertemuan yang di helat disalah satu Restoran dibilangan Jakarta Timur pada Kamis (3/9/20) kemarin, menetapkan Edi Sayudi sebagai Ketua Umum, M. Ruslim sebagai Sekertaris Jenderal dan Siti Farikhah sebagai Bendahara Umum.

Ketua Umum Koperasi “Persaudaraan Saudagar Muslim Demak” terpilih Edi Sayudi dalam sambutannya mengatakan, pembentukan koperasi ini sebagai momen yang cukup bagus untuk ikut serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Menurut saya ini adalah momen yang cukup bagus yang di gagas oleh sahabat-sahabat warga Demak yang di Jabodetabek dan beberapa daerah lain melalui forum kecil sebelumnya di group WhatsApp dengan harapan lembaga tersebut bisa ikut serta mendorong pertumbuhan ekonomi bisnis maupun sosial bagi kabupaten Demak,” ujar Edi Sayudi.

Setelah ini terbentuk, lanjut Edi, pihaknya akan segera menyusun komposisi kepengurusan koperasi dan langsung didaftarkan ke Kemenkumham.

“Kami segera susun kepengurusan koperasi untuk segera di daftarkan ke Kemenkumham,” terangnya.

Ditempat yang sama, tokoh masyarakat Demak yang juga hadir, Irjen Pol (Purn) Drs. Achmat Juri mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi warga Demak Gayeng, baik yang dari Demak maupun yang perantauan atas kehadiran pada pertemuan yang baik ini.

“Suatu kebahagian dan kebanggaan tersendiri, karena warga Demak Gayeng yang berkumpul di RM Abunawas Jaktim, adalah para tokoh dan sekaligus para pelaku ekonomi yang handal baik dalam skala lokal, nasional maupun manca negara,” katanya.

Pria yang juga Pembina Paguyuban Demak Bintoro Nusantara ini memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya karena ada niatan baik untuk mengembangkan perekonomian warga Demak.

“Saya sangat menghormati pertemuan ini dan setuju niatan baik dan ide para tokoh ekonomi Demak ini yang ingin membentuk wadah dan mengembangkan perekonomian / Bisnis warga Demak. Semoga niat baik dapat terwujud. Dan semoga pembangunan di Demak dalam arti luas dan pembangunan ekonomi bisnisnya akan menjadi lebih baik,” jelas mantan Kapolda NTB & Gubernur Akpol ini.

Hal senada juga dikemukakan salah satu Pembina Koperasi “Persaudaraan Saudagar Muslim Demak”, M. Fathan Subchi, dirinya sangat mendukung dan mensupport penuh langkah baik dari para warga Demak tersebut.

“Saya sangat mendukung dan yakin Koperasi tersebut akan terwujud karena di isi orang-orang Kompeten di bidangnya masing-masing. Saya akan mensuport penuh kegiatan Koperasi tersebut sesuai kapasitas Saya di DPR RI, bilalperlu akan di sinergikan dengan Mitra Kerja Komisi XI DPR RI dari Perbankan BUMN, Swasta maupun Lembaga Keuangan yang lainnya,” ujar Pria yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR RI PKB ini.

Ia berharap, koperasi ini berjalan sesuai visi misi sehingga dapat membantu warga Demak yang ada di Jakarta, di Demak sendiri dan di perantauan lainnya.

“Hal ini bisa terwujud dengan menjalankan Program-program yang sesuai Visi – Misi dan kepentingan seluruh yang membantu, juga warga Demak di Demak dan Perantauan,” ujar Fathan yang juga sebagai Ketua Umum Paguyuban Demak Bintoro Nusantara (PDBN).

Sementara itu, M. Ridhwan, Wakil Sekretaris Jenderal Koperasi “Persaudaraan Saudagar Muslim Demak” dan juga salah satu Ketua Paguyuban Demak Bintoro Nusantara (PDBN) sangat mengapresiasi para tokoh-tokoh senior Warga Demak dan teman-teman pengusaha yang mendukung dan setuju dalam membentuk koperasi untuk mewadahi para pengusaha maupun saudagar warga Demak yang di Demak maupun Perantauan yang di wujudkan dalam bentuk Koperasi dengan nama “Persaudaraan Saudagar Muslim Demak” berkantor Pusat di Jakarta, yang nantinya ada perwakilan di seluruh Daerah yang dimana warga Demak Perantauan ada dimana-mana.

“Selanjutnya secepatnya sedang disusun Pengurus sesuai Kebutuhan dan tambahan Wakil Ketua Umum, Wakil Sekretaris Jenderal, Wakil Bendahara Umum dan beberapa Ketua Bidang yang membawahi masing-masing kebutuhan Koperasi tersebut,” ujar Ridhwan yang mewakili M. Ruslim, Sekretaris Jenderal.

Dijelaskan Ridhwan, Saya yakin dengan duet Ketua Umum, Edy Sayudi dan Sekjen, M. Ruslim dan didukung para Pembina, Koperasi tersebut akan menjadi besar dan bisa bermanfaat, dimana Beliau-beliau memiliki Perusahaan skala nasional yang Perwakilan Kantornya berada di seluruh Provinsi dan Kabupaten / Kota se-Indonesia. Hal tersebut juga akan memudahkan untuk menginventarisir warga Demak Perantauan dalam melaksanakan usahanya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas dukungan para tokoh dan semua pihak yang mendukung Pembentukan Koperasi tersebut,” pungkas Ridhwan yang juga Pengurus PWI DKI Jakarta ini.

Hadir dalam pertemuan tersebut, H. Taqwim dan H. Kamdi, tokoh warga Demak di Pasar Induk Kramajati, sekaligus Pengusaha Buah, Ir. M. Nadjib, Wakil Ketua Umum PDBN, M. Hariri, Sekjen PDBN, M. Ruslim, mantan Ketua Umum Paguyuban Demak, Ustad Amar, Pelaku Bisnis Travel Umroh Papan Atas, M. Toto, Politisi Muda PDIP yang Kandidat Ketua PWNU DKI Jakarta, M. Zaenul, Pengusaha Muda, serta Pelaku usaha yang lainnya.

Untuk sementara yang di hasilkan dalam Pertemuan kemarin Kamis (3/9) di Restoran Abunawas bilangan Jakarta Timur, tim formatur yang dipimpin Ketua Umum, Sekjen dan Bendahara akan menyusun susunan Pengurus Pembina dan Harian serta sub Bidang. (Ar-MJ)