Diperkirakan Macet, Polrestabes Rekayasa Lalu-lintas Menjelang Tahun Baru

Semarang,Mediajateng.net-Satlantas Polrestabes Semarang akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada perayaan tahun baru di Kota Semarang. Ada empat titik yang menjadi perhatian khusus Satlantas adalah Kawasan Simpanglima, Pantai Marina (seputar PRPP), Gombel, dan titik nol Kota Semarang Jl. Pemuda tepatntya depan Kantor Pos Johar.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Kota Semarang AKBP Catur Gatot Efendi menjelaskan dari empat kawasan yang diprediksi menjadi pusat keramaian tersebut, dua ruas jalan yakni depan kantor Pos Johar akan ditutup dan kawasan Simpanglima akan ditutup. Penutupan ini dilakukan untuk memberikan keleluasaan kepada pejalan kaki untuk menikmati malam tahun baru di dua tempat tersebut.

“Sesuai dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya konsentrasi masyarakat akan menuju kedua lokasi tersebut. Di titik nol akan ada pertunjukkan hiburan dan seluruh Forkompinda hadir di sana, sementara di Simpanglima meski tidak ada hiburan tetapi banyak masyarakat akan menghabiskan malam tahun baru di lapangan tersebut,” ungkap Catur.

Sementara di dua lokasi lain yakni Gombel dan pantai Marina, juga akan menjadi titik di mana masyarakat akan menikmati pergantian tahun. Meski demikian, dua lokasi tersebut ruas jalan tidak ditutup tetapi akan ditempatkan petugas yang akan mengatur arus lalu lintas.

“Namun, kami akan tetap melihat kondisi lapangan kalau perlu tindakan penutupan ya akan dilakukan,” jelasnya.

Ia menambahkan jumlah personil yang akan diterjunkan khusus untuk mengatur lalu lintas agar pada malam tahun baru 2017 sebanyak 200 personel. Jumlah ini masih ditambah satu tim Unit Reaksi Cepat (URC) yang akan siaga memecah kemacetan di sejumlah titik.

“Khusus tim URC akan terus bergerak memantau dan mengurai lokasi yang diperkirakan macet. Sebab, malam tahun baru ini bersamaan dengan libur panjang akhir pekan sampai 2 Januari 2017 di mana diperkirakan akan terjadi penumpukan kendaraan di mana-mana,” ujar AKBP Catur.

Kasatlantas juga menghimbau agar warga masyarakat terutama anak muda untuk tidak merayakan tahun baru dengan ular-ularan. Sebab, selain berpotensi menyebabkan kemacetan, kegiatan ini bisa mengganggu kenyamanan pengguna jalan yang lain.

“Kami akan tindak tegas kalau mereka melanggar aturan lalu lintas ini,” jelasnya (MJ-303)

Comments are closed.