Dinilai Membahayakan, Polisi Sita Puluhan Petasan Balon Udara

PEKALONGAN, Mediajateng.net – Puluhan anggota Polsek Buaran melakukan razia petasan dan balon udara di sejumlah kampung. Sedikitnya puluhan balon udara siap terbang berhasil diamankan Kamis (14/7).
Kapolsek Buaran AKP Harsono mengatakan razia ini dilakukan oleh semua Polsek di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota. Pihaknya berhasil mengamankan 20 balon yang saat itu siap diterbangkan. “Kita menyita dari para remaja yang pagi hendak melepaskan balon. Namun dari razia itu pihaknya tidak menemukan petasan,” terangnya.
Harsono menjelaskan biasanya saat melepaskan balon ke udara warga akan mengikat petasan pada balon. Saat berada di udara petasan tersebut nantinya akan meledak satu persatu. “Sangat bahaya karena jika petasan itu jatuh menimpa rumah atau orang bisa bahaya. Apalagi ukuran petasan cukup besar,” katanya.
Anggota yang melakukan razia kesulitan karena banyak masyarakat yang sengaja menyembunyikan petasan, namun berkat kejelian akhirnya sejumlah petasan berhasil diamankan.
Harsono mengimbau kepada masyarakat untuk tidak merayakan syawalan dengan balon udara dan petasan. Himbauan ini dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti Rabu (13/7) kemarin 12 orang menjadi korban petasan, bahkan satu diantaranya mengalami koma dan diamputasi kakinya. (MJ-089)

Comments are closed.