Cegah Virus Corona, Daop 4 Semarang Lakukan Penyemprotan Disinfektan  

Semarang, Mediajateng.net, – PT KAI Daop 4 Semarang melakukan penyemprotan disinfektan pada kereta – kereta penumpang di Stasiun Tawang. Menurut Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, langkah ini dilakukan sebagai upaya dalam mencegah penyebaran Virus Corona (covid-19).

“Setiap hari kereta – kereta juga rutin dicuci baik ekterior maupun interiornya. Khususnya toilet kereta juga sudah menjadi perhatian dalam urusan kebersihan bahkan sudah dijadikan standar pelayanan,” ujarnya disela-sela penyemprotan disinfektan, Minggu (15/3).

Selain itu, ia juga menyampaikan, upaya lain yakni di area stasiun sudah tersedia hand sanitizer di titik tertentu yang mudah terlihat dan digunakan oleh penumpang. Area boarding pas di pintu masuk, ruang tunggu zona 2, loket, toilet, mushala dan area pintu keluar juga merupakan titik – titik pemasangan hand sanitizer.

“Sejumlah 23 stasiun  yang berfungsi untuk aktivitas penumpang sudah dilengkapi dengan hand sanitizer. Lalu ada deteksi suhu tubuh menggunakan Thermal Gun, utamanya dari stasiun kelas besar terlebih dahulu, seperti stasiun Tawang dan Poncol,” katanya.

Thermal Gun difungsikan saat penumpang memasuki area boarding pas. Batas suhu badan penumpang yang diijinkan masuk untuk naik kereta api harus kurang dari 38°©.

“Bila ada calon penumpang terdeteksi suhu badan lebih dari 38 derajat celcius, kami punya kebijakan mengembalikan tiket secara penuh atau seratus persen diluar bea pesan. Ini juga berlaku bagi penumpang pendamping, bila dalam satu kode booking tiket maksimal 4 orang dan bila dengan kode booking yang berbeda maksimal 2 orang,” bebernya.

Lebih lanjut Mohamad Nurul Huda menambahkan, para petugas di stasiun pun yang berinteraksi dengan penumpang secara langsung juga dihimbau untuk menggunakan masker. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran Virus Corona di area stasiun. (ot/mj)