Bubarkan Balap Liar, Satsabhara Polres Purbalingga Amankan 29 Pemuda dan 23 Motor

Purbalingga – mediajateng.net

Satsabhara Polres Pubalingga berhasil mengamankan lebih dari dua puluh sepeda motor beserta pengendaranya yang kedapatan sedang melakukan aksi balap liar di jalan S. Parman Purbalingga, minggu (11/6/2017) dini hari.

Hal tersebut dilakukan saat Satsabhara Polres Pubalingga melaksanakan patroli gabungan pada malam Minggu. Beberapa lokasi yang disinyalir sebagai tempat balap liar maupun kegiatan negatif lainnya dilakukan penyisiran.

Kasat Sabhara Polres Pubalingga Kompol Suharsono mengatakan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di malam Minggu pihaknya melaksanakan patroli gabungan. Total 35 personel melaksanakan patroli dengan sasaran gangguan keamanan seperti pesta miras, balap liar dan gangguan keamanan lainnya.

Dalam pelaksanaannya kita berhasil menemukan balap liar dan membubarkan kegiatan tersebut di jalan S. Parman Purbalingga. Sejumlah 23 sepeda motor dan 29 orang pengendaranya diangkut dan diamankan di Polres Pubalingga.

“Sepeda motor tanpa kelengkapan baik surat maupun kelengkapan sepeda motor kita serahkan ke Satlantas untuk diterbitkan tilang. Sementara pengendaranya kita lakukan pendataan dan pembinaan serta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya,” jelas Suharsono.

Selain balap liar kita juga amankan sejumlah orang yang kedapatan sedang mengkonsumsi minuman keras di tempat umum. Total 13 orang diamankan dari dua lokasi berbeda. Lima orang kedapatan minum miras di sekitar Bumi Perkemahan Munjuluhur dan 8 orang lainnya di sekitar Pasar Hewan Purbalingga.

“Agar menimbulkan efek jera, untuk pelaku miras setelah kita datakan akan diajukan proses sidang tindak pidana ringan di Pengadilan Negeri Purbalingga Senin depan,” jelas Suharsono.

Dengan kegiatan yang sudah dilakukan diharapkan situasi kondusif​ di wilayah Purbalingga tetap terjaga. Apalagi saat bulan puasa diharapkan tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang (MJ-303)