Begini Cara Distribusi Logistik Pilkada di Demak

DEMAK, Mediajateng.net – Kantor Pos Demak ikut berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran Pilkada Jateng tahun 2018. Bentuk partisipasi tersebut, diwujudkan dengan membantu KPU Demak mendistribusikan logistik Pilkada Jateng.

Logistik yang terdiri dari kertas suara, bilik suara, kotak suara dan aneka formulir, berhasil dikirim ke Kantor PPK yang tersebar di 14 kecamatan dengan aman.

Kepala Kantor Pos Demak Akhmad Sulkin menuturkan, tiga armadanya turut andil mengantarkan logistik Pilkada Jateng. Ini merupakan kali ketiga pihaknya bekerjasama dengan KPU Demak mendistribusikan logistik pemilu hingga kecamatan atau PPK.

“Alhamdulillah pihak KPU Demak berkenan dengan servis yang kami berikan, sehingga kejasama ini berlanjut sampai helatan Pilkada Jateng 2018,” tuturnya, Selasa (26/6).

Pendistribusian logistik Pilkada Jateng 2018 dilaksanakan pada tanggal 23 – 25 Juni.

Hari pertama distribusi ditujukan ke Kecamatan Gajah, Dempet, Kebonagung, Mijen dan Karanganyar.

Hari kedua Kecamatan Wedung, Demak, Bonang, Wonosalam.

Sementara hari ketiga didistribusikan ke Karangtengah, Guntur, Sayung, Karangawen dan Mranggen.

Menurut Sulkin, pelayan maksimal dan kepuasan konsumen menjadi prioritas kinerjanya. Namun lebih dari itu, dapat turut membantu melancarkan pesta demokrasi negeri ini, menjadi kebanggaan tersendiri baginya.

” Inilah cara kami berbakti untuk negeri ini,” kata Pakdhe Sulkim, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua KPU Demak Mahmudi, menambahkan,logistik yang didistribusikan terdiri dari surat suara sejumlah DPT yakni 846.714 lembar plus cadangan 2,5 persen, sehingga totalnya sebanyak 868.787 surat suara. Adapun kotak suara yang dikirim sejumlah TPS yakni 1.876, bilik suara sejumlah dua buah setiap TPS, aneka formulir serta alat coblos.

“KPU Demak bekerjasama dengan Kantor Pos dalam pengiriman logistik pemilu, karena kendaraan yang digunakan memenuhi keamanan sesuai SOP. Armada yang digunakan tertutup, sehingga barang-barang yang dikirim tidak rusak oleh cuaca seperti hujan, serta aman dari tercecer,” kata Mahmudi.

“Dari PPK, setelah dilakukan inventarisasi logistik segera diteruskan ke PPS.
Sebab maksimal pada H-1 pencoblosan, logistik sudah harus ada di PPS. Sehingga pada hari H pagi sudah sampai di TPS,” pungkasnya.