234 SC Korwil Jateng Siap Jaga Pancasila

234 SC Korwil Jateng Siap Jaga Pancasila

Semarang, mediajateng.net, – Memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni, 234 Social Community Korwil Jateng menggelar Malam Tirakatan sekaligus syukuran di kantor barunya kawasan Sambiroto, Tembalang, Kota Semarang, Senin (31/5/2021) malam.

Malam Tirakatan Lahirnya Pancasila dihadiri semua pengurus 234 Social Community Korwil Jateng dan beberapa tamu undangan.

Dalam sambutannya, Ketua 234 Social Community Korwil Jateng, Martono menegaskan, Pancasila menjadi dasar Negara sekaligus menjadi falsafah Negara dan sumber segala hukum di Indonesia.

“Dan ini sudah final. Pancasila tidak mungkin digantikan dengan ideologi lain karena sudah menjadi kesepakatan para pendiri negara Indonesia. Kalau ada yang berani mencoba mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya, maka sudah pasti harus berhadapan dengan negara berikut semua unsur di dalamnya termasuk Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia maupun organisasi-organisasi pendukungnya,” tandas Martono.

Lebih lanjut Martono menegaskan, meski 234 Social Community Korwil Jateng baru dilantik Maret 2021, namun Pancasila sudah mendarah daging di dalamnya.

“Karenanya, kami siap mempertaruhkan jiwa raga demi menjaga Pancasila sebagai falsafah dan ideologi Negara Indonesia,” tandas Martono lagi.

Untuk menjaga Pancasila lanjut Martono, pihaknya siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Pemuda Pancasila.

“Kami siap bersinergi dengan Pemuda Pancasila (PP) dan komunitas lain sepanjang masih dalam bingkai menegakkan Pancasila sebagai ideologi dan falsafah negara serta tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Martono.

Sementara itu Ketua Panitia Malam Tirakatan sekaligus Sekertaris 234 Social Comminity Korwil Jateng Iwan Leksono menambahkan, kepengurusan 234 Social Community baru dilantik pada 23 Maret 2021.

“Meski masih baru, 234 Social Community sudah terbentuk 21 Regional Wilayah (Regwil) dari 35 wilayah kabupaten/kota di Jawa Tengah. Komunitas ini secara nasional didirikan untuk berkiprah di 3 bidang yakni sosial, budaya dan olah raga,” terang Iwan Leksono. (ot/mj)