Wachid : Pemkot Harus Siapkan Masterplan Penanganan Banjir

SEMARANG,Mediajateng.net – DPRD Kota Semarang meminta pemerintah kota untuk menyiapkan masterplan atau perencanaan terkait penangangan banjir. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi C Wachid Nurmiyanto,ketika ditemui Mediajateng.net di Gedung DPRD, belum lama ini.

Menurutnya,banjir di Kota Semarang makin tinggi seiring intensitas hujan makin besar saat musim penghujan. Seperti di wilayah Semarang Utara, setiap hujan deras mengguyur Kota Semarang pasti terjadi banjir di beberapa titik maupun ruas jalan terutama yang menjadi langganan banjir. Oleh karena itu kata dia,perlu ada masterplan agar penanganan lebih konkret dan maksimal.

”Langkah konkret itu misalkan pemetaan,normalisasi dan pembuatan embung. Jika itu berjalan maksimal kami yakin banjir tertangani,” katanya.

Wachid menjelaskan, dengan adanya mapping atau pemetaan penanganan banjir bisa dipetakan daerah-daerah mana yang rawan terjadi banjir, dan darimana asal air banjir tersebut serta penanganan terhadap sungai-sungai yang menampung debit air hujan.

“Normalisasi untuk sungai-sungai yang makin dangkal karena proses sedimentasi dan sumbatan sampah. Selain itu, upaya lain untuk mengurangi banjir itu bisa dengan pembuatan embung-embung di kawasan Semarang Atas. Sehingga air hujan yang jatuh tidak langsung turun ke bawah, dengan adanya embung tersebut air bisa meresap ke tanah dan ditampung dulu,” tambahnya.

Terkait masih banyaknya selokan atau saluran air dipenuhi sampah yang dibuang oleh masyarakat, Politisi PAN ini meminta warga untuk hidup bersih yakni dengan membuang sampah ditempatnya. Sehingga tidak menganggu kemampuan selokan atau sungai untuk menampung air agar tidak meluap dan menyebabkan banjir di Kota Semarang.(M.J090)

Comments are closed.