UTI Jawa Tengah Siap tunjukkan Kemampuan

SEMARANG,Mediajateng.net – Universal Taekwondo Indonesia (UTI) Provinsi Jawa Tengah akan membuktikan kemampuan di kancah Pekan Olahraga Pelajar (Popda). Tahun ini merupakan kesempatan pertama UTI unjuk taji karena selama ini tidak pernah diperbolehkan mengikuti kompetisi bergengsi tingkat pelajar tersebut.

Ketua UTI Jateng Yosep Parera membeberkan, telah mendapat surat keputusan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Jateng, Budi Santoso yang ditandatangai Kepala Bidang Keolahragaan, Effendi Hari tanggal 22 Februari 2016.

Dalam surat tersebut, dikatakan, dari hasil rapat koordinasi Sinergitas Program Pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan di Surakarta 26-27 Januari lalu, peserta Popda SD-SMA sederajat, terutama cabang taekewondo, berasal dari atlet pelajar yang mewakili kabupaten/kota.

“Bukan mewakili pengcab, dalam hal ini Taekwondo Indonesia (TI), atau perkumpulan lainnya, salah satunya UTI. Jadi peserta hanya perlu mendapatkan rekomendasi dari sekolah masing-masing,” paparnya kepada Mediajateng.net

Meski pintu sudah terbuka untuk mengikuti Popda, tapi surat keputusan tersebut terlambat. Sebab, sudah banyak daerah yang telah menggelar Popda.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi UTI Jateng, Ino Sensius Boro menambahkan, masih ada segelintir daerah yang belum menggelar Popda. “Antara lain Kabupaten Jepara, Kabupaten Magelang, dan Ungaran. Khusus di Ungaran, kami optimistis mampu menyabet paling tidak 1 emas di tingkat SD. SMP dan SMA memang belum ada atlet UTI,” tuturnya.

Laporkan ke Dinpora
Rencananya, Yosep beserta para jajaran pengurus UTI akan menghadap Kepala Dinpora Budi Santoso untuk silaturahmi sekaligus melaporkan seluruh kegiatan UTI di Jateng. Dia berharap, upaya ini mampu mendapat rekomendasi tertulis baik berbentuk peraturan atau surat ketputusan dari Dinpora provinsi kepada seluruh kabupaten/kota agar UTI diperbolehkan mengikuti segala kejuaraan daerah.

Sebab, selama ini pihaknya merasa UTI dinomor duakan. Padahal, sejak berdiri tahun 2012, UTI Jateng sudah menunjukkan profesionalitasnya dengan menggelar empat kejuaraan nasional (kejurnas) terbuka.

“Semoga, dengan silaturahmi ini, UTI juga bisa menggelar kejuaraan tingkat provinsi, paling tidak sekali dalam setahun,” harapnya.

Sementara itu, 19-20 Maret mendatang, UTI kembali menggelar kejurnas taekwondo di Gedung Wanita Jepara. Ketua Penyelenggara Agus Sukamto menjelaskan, sementara ini sudah ada 475 peserta yang mendaftar.

“Targetnya ada 700 peserta. Memang sedikit karena menyesuaikan tempat dan waktu pelaksanaan. Kompetisi ini memperebutkan piala Dispora Jepara, Piala Bupati Jepara, dan Piala Gubernur Jateng,” pungkasnya. (MJ.09)

Comments are closed.