UNBK, PLN Turut Jadi ‘Pengawas’

GROBOGAN, Mediajateng.net – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Grobogan ternyata tidak hanya membuat sibuk jajaran dinas pendidikan. Ternyata petugas PLN area Purwodadi juga turut mengawasi jalannya UN. Terutama bagi sekolah yang menggunakan sistem berbasis komputer atau di sebut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Dari hasil pantauan di lapangan, beberapa petugas PLN sempat melakukan pemeriksaan jaringan listrik di SMA 1 Purwodadi. Yakni, setelah ujian bagi gelombang pertama selesai. Tindakan itu dilakukan guna menjamin pelaksanaan ujian berjalan lancar. “Khusus untuk pelaksanaan ujian kali ini kami memang menjalin kerjasama dengan PLN untuk memastikan aliran listrik. Itu kami lakukan agar tidak ada gangguan selama ujian berlangsung. Sebab, kami baru pertama kali ini menggunakan sistem UNBK,” kata Kepala SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat, kemarin.
Selain menggandeng PLN, pihaknya juga menyediakan genset atau generator yang operatornya siaga penuh selama jam ujian. Tujuannya agar dapat terhindar dari gangguan nonteknis yang berasal dari kelistrikan.
Pada hari pertama, siswa mengerjakan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelaksanaan UNBK di SMA 1 Purwodadi sendiri dibagi menjadi tiga gelombang. Masing-masing gelombang diikuti 120 siswa. “Jumlah siswa yang ikut ujian ada 359 siswa. Sementara kapasitas komputer ada 120 unit yang ditempatkan pada tiga ruangan. Jadi kami membaginya menjadi tiga gelombang,” jelasnya.
Menurut Amin, meski ada sedikit permasalahan pada kelistrikan, dirinya menjamin jalannya ujian berjalan lancar. Sebab, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya pencegahan untuk membantu kelancaran jalannya UNBK. “Tadi ada sedikit permasalahan, namun semuanya sudah beres. Kami jamin tidak ada permasalahan apapun. Sebab, kami langsung melakukan pencegahan agar UNBK dapat berjalan dengan baik. Para siswa yang mengerjakan soal pun tidak terganggu dan dapat mengerjakan soal dengan tenang,” ujar Amin.
Selain SMA 1 Purwodadi, ada dua sekolah lainnya yang menggunakan sistem UNBK. Yakni SMK 1 Purwodadi dan SMK 2 Purwodadi. Dua sekolah tersebut sudah lebih dulu menggunakan sistem UNBK dari SMA 1 Purwodadi. (MJ-65)

Comments are closed.