Tunggak Pajak Miliaran, Dua Hotel berbintang Disegel

SEMARANG,Mediajateng.net– Untuk memberi efek jera bagi penunggak pajak dan menjaga wibawa Pemkot Kota Semarang. Tim gabungan dari Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Semarang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polrestabes Semarang menggelar operasi yustisi untuk sejumlah Wajib Pajak (WP) yang dinilai tidak taat pajak, Senin (7/3).

Operasi yustisi dilakukan di sejumlah hotel berbintang di kota ini. Tujuan pertama adalah Hotel Semesta di Jalan Kranggan yang ternyata menunggak pajak hingga Rp1,2 miliar.“Rinciannya terdiri dari pajak hotel Rp830 juta dan Pajak Bumi dan Bangunan Rp428 juta dengan total sekitar Rp1,2 miliar dimana jatuh temponya 7 Maret ini,” terang Yudhi Mardiana,Kepala DPKAD Kota Semarang.

Pihaknya sebenarnya sudah melakukan pendekatan dan pemberitahuan terhadap WP(Wajib pajak), terkait tunggakan pajak mereka. Namun itikad ini tidak direspon baik oleh WP.
Hotel Semesta sebenarnya telah menunggak pajak sejak 2014 dimana di tahun 2015, DPKAD berusaha melakukan komunikasi intensif dengan mendatangi Hotel Semesta. Karena tidak kunjung ada pelunasan, tunggakan pajak terus bertambah.

Kuasa Hukum Hotel Semesta Aan Tauli menjelaskan, pihak Hotel Semesta memiliki itikad baik untuk melunasi tunggakan pajak. Namun dikarenakan nominal pajak yang besar pihaknya meminta keringan dengan mengangsur tunggakan pajak.

“Kami tidak menghindar dari pajak, namun karena kondisi Hotel kami yang tidak sehat dan tidak mumpuni untuk melunasi secara kontan, maka kami minta tempo waktu dan mencicil,” katanya.

Diakui, sejak 2014 hotel ini terus mengalami penurunan tingkat hunian bahkan tahun 2015 rata-rata hanya sekitar 30 persen. Pihaknya mengaku keberatan jika harus kontan membayar tunggakan pajak meski DPKAD telah berinisiatif memberi toleransi pembayaran Rp200 juta per bulan.

“Meski sudah diberi keringanan namun kami tetap tidak sanggup dengan jumlah sebanyak itu. Bagaimana nanti untuk bayar gaji karyawan kalau cicilan tunggakan pajak Rp200juta?” imbuh Aan.

Setelah Hotel Semesta, Tim gabungan pun bergeser ke Star Hotel yang menurut catatan mempunyai tunggakan Rp 1,3 miliar ( M.J070)

Comments are closed.