Ternyata Kantor Polsek Ini Belum Punya Ruang Tahanan

SEMARANG,MediaJateng.net-Jika anda berkunjung di Polsek Semarang Timur, ada pemandangan unik tapi ini fakta. Kantor polisi ini ternyata belum mempunyai Ruang Tahanan,Walaupun angka kriminalitas di wilayah ini tinggi. Padahal polsek Semarang Timur ini baru diresmikan bulan Oktober tahun 2015.Dari awal Januari sampai dua bulan ini sudah ada 8 tahanan.

“ Polsek kami memang belum memiliki ruang tahanan. Karena sebenarnya ini dulu adalah Pos Patko Polrestabes dan ini kita menempati sementara. Tahanan kita titipkan semua,” ungkap Kapolsek Semarang Timur, Iptu Grandika Indera Waspada SIK.

Pihaknya mengakui meskipun belum memiliki ruang untuk tahanan bukan berarti menghambat kinerja bagi anggota yang bertugas diwilayah tersebut. Para pelaku tindak kejahatan yang berhasil diungkap atau ditangkap langsung dititipkan di Lembaga Pemasayarakatan Bulu untuk wanita dan Laki-laki di Kedungpane.

“Awal proses penangkapan, pemberkasan BAP, dan langsung tanda tangan Surat Perintah Penahanan-SPP setelah itu langsung dititipkan. Dari awal Januari sampai dua bulan ini sudah ada 8 tahanan, Jadi harus kita kebut proses ini, makanya ini saya standby disini terus,” kata alumni Akpol 2012 ini

Lebih lanjut dirinya mengatakan gangguan ketertiban masyarakat atau tindak kejahatan yang terjadi diwilayah hukumnya tergolong sangat tinggi. Menurutnya, sampai sejauh ini ditahun 2016 telah tercatat sebanyak 15 kasus aduan dan yang paling menonjol adalah kasus penganiayaan berat.

Pihaknya menambahkan, saat ini, jumlah keseluruhan petugas yang ada diwilayah sektor Semarang Timur hanya 30 orang anggota. Menurutnya jumlah tersebut sangat terbatas dan harus memberdayakan tenaga dari Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat-FKPM dalam melakukan patroli rutin untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan.

“Jumlah Petugas hanya 30 orang, fix yang piket malam 5 orang, anggota piket penyidik 2 orang. Jadi kita memberdayakan temen-temen dari FKPM, kita dicover mereka lewat komunikasi. Memang kita perlu mereka, sebab disini kasus banyak sekali”,Ujarnya. (MJ-303)

Comments are closed.