Soto Genthong ,perpaduan unik citarasa khas Kebumen

Kebumen,Mediajateng.net – Bagi anda penggemar kuliner yang sedang singgah atau hanya lewat ke Kabupaten Kebumen, tidak ada salahnya untuk mencicipi soto gentong khas kebumen. Warung soto ini bisa anda temukan di seputar jalur Daendels yaitu di Kecamatan Buluspesantren dan Kecamatan Ambal.

Soto gentong ini penyajiannya mirip dengan soto khas Sokaraja yaitu menggunakan lontong/ketupat sebagai pengganti nasi dan bumbu kacang sebagai pemberi citarasa utamanya.Bedanya adalah bumbu kacang pada soto genthong direbus jadi satu pada kuahnya sehingga kuah soto genthong berwarna keruh kecoklatan.

Mediajateng.net menyempatkan untuk mencicipi soto genthong di Warung Abah Ndut yang terletak di depan gedung serbaguna Kecamatan Buluspesantren, Kebumen. Ketika memesan, anda akan disodori juga Ayam Kampung Goreng sebagai lauk pelengkap. Menurut Abas, pemilik Warung Abah ndut ayam yang digunakan harus ayam kampung karena citarasa dan teksturnya yang lebih tebal ” Harus ayam kampung mas, karena gurihnya kuah kacang akan berpadu dengan elok dengan gurihnya ayam kampung” jelas Abas.

Cukup dengan Rp.20.000 anda sudah bisa mendapatkan satu porsi Soto genthong, sepotong ayam kampung dan segelas teh hangat. Harga yang sepadan untuk merasakan uniknya citarasa khas Kebumen ini.Selamat mencoba.(M.J160)

Comments are closed.