Ribuan pramuka Bersihkan Sampah CFD

SEMARANG,Mediajateng.net – Ribuan pramuka tampak memunguti sampah-sampah plastik di bilangan Simpang Lima dan Jalan Pahlawan, saat car free day (CFD), Minggu (21/2) pagi. Dari operasi sampah itu, mereka mengumpulkan setidaknya 30 kantong plastik sampah penuh.

Sejak pukul 06.00, sekitar seribu pramuka dari kwarcab dan pelajar SD hingga mahasiswa sudah berkumpul di depan Gedung Pramuka. Selain memunguti sampah, ada juga jalan sehat, flashmob, serta pembagian doorprize.

Wakil Kepala Bidang Humas dan Abdi Mayarakat Kwarda Jawa Tengah, Djoko Sutrisno menjelaskan, gelaran ini merupakan rangkaian dari perayaan hari kelahiran Bapak Pramuka Dunia,Lord Baden Powell. “Para pramuka sengaja hanya mengambil sampah-sampah berbahan dasar plastik dan styriofoam. Pokoknya sampah yang tidak bisa terurai,” ucapnya.

Melihat dari banyaknya sampah tersebut, Djoko menyimpulkan, warga Semarang masih belum sadar tentang sampah. Entah dari mereka yang berjualan di CFD, hingga para pengunjung. Dari contoh buruk itu, Djoko jadi bisa lebih mudah menjelaskan kepada para pramuka untuk membangun karakter agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Setelah rangkaian acara di pagi hari, lanjut Djoko, para pramuka akan kembali dikumpulkan di Gedung Pramuka untuk melakukan renungan malam di malam harinya. “Besok (hari ini, red) pukul 09.00, kami mengundang anggota Kwarda Andalan, SKPD, Akpol, dan Pelayaran untuk donor darah. Targetnya bisa terkumpul 300 kantong darah,” harapnya.

Lebih lanjut, Djoko berharap, pramuka sebagai gerakan tanpa memandang usia, kalangan, ras dan agama, bisa lebih ringan tangan. Punya karakter yang sadar menciptakan kepedulian terhadap alam dan sesama.

Meski begitu, pihaknya mengakui jika hingga sekarang berbagai aktivitas kwarda belum bisa menjangkau seluruh daerah di Jateng. “Mulai tahun ini, kami coba membuat web pramuka kwarda. Jadi bagi anak-anak yang tidak sempat mengikuti acara formal, bisa mengakses web tersebut. Ini juga salah satu upaya agar mereka tidak ketinggalan informasi kepramukaan,” pungkasnya. (M.J09)

Comments are closed.