PSK Dibekali Ketrampilan

SEMARANG, MediaJateng – Upaya pengentasan pekerja seks komersial {PSK} agar tidak kembali menekuni dunia hitam, yaitu dengan memberikan bekal ketrampilan. Sehingga dengan bekal ketrampilan yang dimilikinya, maka nantinya PSK diharapkan bisa untuk membuka usaha yang mampu menopang hidupnya. Hal itu dikatakan Anggota Komisi E DPRD Jateng Farida Rahmah, di Kantor DPRD Jateng, kemarin.

“Kami menilai bahwa PSK betah dengan dunia malam karena merasa tidak bisa mencari uang diluar pekerjaannya. Kami juga tidak bisa kemudian membiarkan mereka hidup di sini dengan tidak memiliki keterampilan apa-apa dengan alasan ekonomi atau pekerjaan lain, kita semua menginginkan agar bisa keluar dari sini dengan kehidupan yang lebih baik,” ujar Ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Selain itu, lanjutnya, dengan menurunnya jumlah PSK, maka penanggulangan HIV/AIDS pun bisa diupayakan. Mengenai hal ini, pihaknya mengaku sudah berdialog dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk memfasilitasi keterampilan-keterampilan atau potensi-potensi tertentu yang bisa dikembangkan, saat ini diperlukan adanya keterbukaan sehingga solusi bisa dipecahkan bersama.

Selain itu, Farida menyarankan tidak hanya para perempuan yang diberikan bimbingan tentang cara pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Namun, laki-laki sebagai pengguna jasa PSK juga harus diberikan penjelasan dan pengarahan.

“Kalau merasa sakit, langsung saja ke dokter. Karena, HIV/AIDS kalau sudah kena akan sulit untuk disembuhkan. Kesehatan itu untuk kita semuanya,” pungkasnya. (MJ 09)

Comments are closed.